Produk Esemka Sasar Pasar Angkutan Umum

Mobil Esemka dipamerkan di Solo Techno Park
Sumber :
  • VIVAnews/Fajar Sodiq
VIVAnews - PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) sebagai perusahaan perakitan mobil Esemka bakal meluncurkan varian anyarnya. Mobil tersebut, jenisnya minivan alias MPV (Multi Purpose Vehicle). 
Panglima Militer Israel Tegaskan Negaranya akan Membalas Serangan Iran

Rencananya, mobil mini van tersebut akan dimodifikasi untuk moda transportasi massal atau angkutan umum.
Analis Perkirakan BI Bakal Intervensi Besar-besaran Imbas Rupiah Ambruk ke Rp 16.128 per Dolar AS

Sabar Budi, Humas PT SMK, Selasa 24 September 2013, menyebutkan keberadaan mini van merupakan bagian dari keikutsertaaannya dalam pasar mobil murah dan ramah lingkungan (low cost and green car/LCGC). Rencananya, mobil berkapasitas tujuh penumpang ini memiliki  engine di bawah 1.000 CC.
Ada 488 Unit Suzuki Jimny 3 Pintu yang Kenal Recall di Indonesia

"Komponennya masih kombinasi impor dan ekspor. Perbandingannya 40: 60 untuk komponen impor. Kalau untuk harganya, yang pasti di bawah Rp100 juta. Ya, dalam kisaran Rp70 juta," jelasnya kepada VIVAnews.

Mobil mini van ini sendiri bukan hanya diperuntukkan mobil pribadi. Namun, PT SMK lebih memproyeksikan mobil besutannya tersebut sebagai moda tranportasi massal.

"Mobil mini van ini nanti bisa kita modifikasi menjadi mobil angkutaan perkotaan dan angkutan perdesaaan. Nanti, mobil MPV akan kita proyeksikan pada transportasi massal, " ungkapnya.

Dijelaskannya, prototipe dari mobil Esemka versi MPV ini saat ini lagi diproses. Seminggu yang lalu, MPV ini diujicobakan secara intern di Jakarta.

"Kalau untuk uji coba dan uji tipe, kami akan mendafarkannya pada tahun ini. Kita ingin mobil ini bisa kita mengaspal di jalan mulai 1-2 tahun. Yang paling cepat, ya tahun 2014. Yang paling apes, ya tahun 2015," tuturnya. (umi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya