Djoko Pilih Fokus Ruas Trans Jawa daripada Tol Ide Dahlan

Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto
Sumber :
  • VIVAnews/Alfin Tofler
VIVAnews – Menteri Badan Usaha Milik Negara, Dahlan Iskan, berencana akan membuat jalan tol atas laut dari Jakarta-Surabaya, setelah berhasil mendirikan tol serupa di Nusa Dua-Bali.
Jelang Hari Raya Idul Fitri, Persediaan BBM di Bali Masih Aman

Jalan tol tersebut, akan dibangun oleh konsorsium 19 BUMN dan diperkirakan menghabiskan dana hingga Rp150 triliun. (Berita lengkap buka ).
Tebar Berkah Ramadan 1445 H, Mandiri Group Santuni 57.000 Anak Yatim dan Duafa

Namun, apa komentar Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto mengenai hal itu? Sebab, Djoko adalah orang yang bertanggung jawab langsung atas pembangunan jalan di Indonesia.
Ada Kabar Jaksa Peras Saksi hingga Rp3 Miliar, KPK Bilang Begini

Djoko, ketika ditemui di Jakarta, Jumat 4 Oktober 2013, mengungkapkan masih akan memprioritaskan pembangunan tol Trans Jawa daripada tol yang digagas Dahlan. Sebab, hingga saat ini akan lebih mungkin mewujudkan terkoneksinya tol dengan panjang seribu kilometer ini.

Lagipula, menurut Djoko, jalan tol itu masih terlalu hijau. Sebab, baru sekadar usulan saja tanpa adanya studi lebih lanjut atau pun kajian khusus.

Ia menambahkan, jalan tol tersebut tidak akan terlaksana pembangunannya tanpa seizin dirinya. Sebab, dirinyalah yang berwenang untuk menentukan jaringan jalan nasional yang ada.

Namun, Djoko mengungkapkan, jika ada perusahaan atau konsorsium yang datang kepadanya untuk mengajukan diri untuk melakukan inisiasi, ia akan menerima dengan tangan terbuka dan akan menerimanya. "Tetapi, sebelum ada pengajuan resmi, saya akan tetap fokus kepada pembangunan tol Trans Jawa," katanya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya