BI: Cadangan Devisa Naik Jadi US$95,7 Miliar

Dolar AS Menguat
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Bank Indonesia mencatat peningkatan jumlah cadangan devisa per akhir September 2013. Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Difi A. Johansyah, mengatakan, jumlah cadangan devisa selama periode itu mencapai US$95,7 miliar.

5 Cara Ampuh Melepaskan Diri dari Kecanduan Alkohol

Cadangan devisa itu meningkat US$2,7 miliar dibandingkan posisi akhir Agustus lalu sebesar US$93 miliar. Posisi cadangan devisa itu setara dengan 5,2 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah.

"Jika hanya dibandingkan dengan impor, posisi cadangan devisa tersebut setara dengan 5,4 bulan impor," kata Difi dalam siaran pers di Jakarta, Senin 7 Oktober 2013.

Ia menjelaskan, kenaikan jumlah cadangan devisa itu tidak lepas dari langkah-langkah penguatan bauran kebijakan Bank Indonesia. Bank sentral selama ini terus menjaga kestabilan nilai tukar rupiah dan koordinasi kebijakan dengan pemerintah untuk menurunkan defisit transaksi berjalan.

Selain itu, dia menjelaskan, keyakinan pasar valuta asing domestik semakin kuat dengan penawaran dan permintaan valas yang semakin aktif serta berimbang dalam membentuk pergerakan rupiah.

"Kenaikan cadangan devisa didukung pula oleh langkah pemerintah menerbitkan obligasi syariah negara dalam valuta asing sebagai salah satu sumber pembiayaan defisit fiskal," tuturnya.

Holding BUMN InJourney Siap Sambut Mudik dan Libur Lebaran 2024
Mobil patroli polisi (FOTO ILUSTRASI)

Pelaku Jambret Tinggalkan Mobil Patroli Polisi yang Dia Bawa Kabur di Pinggir Jalan Lalu Kabur

Mobil patroli Polsek Setiabudi, yang berhasil dibawa kabur oleh pelaku jambret, yang beraksi di Jalan HR Rasuna Said, Karet, Kuningan, Jakarta Selatan, sudah diketemukan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024