Karen Agustiawan Kembali Masuk 50 Perempuan Berpengaruh Versi Fortune

Karen Agustiawan, Dirut PT Pertamina
Sumber :
  • VIVAnews/M Teguh

VIVAnews - Majalah Fortune kembali merilis 50 wanita pengusaha yang paling berpengaruh di dunia. Salah satunya adalah Direktur Utama, PT Pertamina, Karen Agustiawan.

Berikut sepuluh di antara 50 perempuan eksekutif yang sukses dalam Fortune's 50 Most Powerful Women: The International Power 50 seperti yang dikutip dari laman CNN, Jumat 11 Oktober 2013.

1. Maria das Gracas Foster
Chief Executive Officer (CEO) Petrobras yang berasal dari Brasil ini menduduki peringkat pertama.

2. Guller Sabanci
Wanita berusia 58 tahun yang menjabat sebagai Chairman and Managing Director Sabanci Holding ini menduduki peringkat ke-2. Tahun lalu, bos dari perusahaan asal Turki ini menduduki peringkat ke-6.

Sabanci terpilih karena perusahaan elektronik Jerman, Siemens, memilihnya sebagai anggota dewan pengawas. Dia juga seorang advokat berpengalaman dari Turki untuk Uni Eropa. Dia juga mengetuai sebuah visi yang akan menembus sepuluh besar perusahaan global pada 2023.

Kunjungan ke Luar Negeri, Prabowo Subianto Akan ke China dan Bertemu Xi Jinping

Kini, Sabanci mempekerjakan 60 ribu orang pada perusahaannya, dan usahanya beragam, mulai dari semen hingga energi. Pendapatan perusahaan pada 2012 mencapai US$1 miliar dari sektor energi. Saat ini, nilai kapitalisasi pasar perusahaan mencapai US$10 miliar dan hampir meningkat dua kali lipat dalam dua tahun terakhir.

3. Gail Kelly
Pada tahun lalu, wanita berusia 57 tahun ini menduduki peringkat ke-2. Kini, seorang managing director and CEO Westpac ini terpaksa turun satu tingkat di bawah Sabanci.

4. Chanda Kochhar
Managing Director and CEO ICICI Bank ini berhasil naik satu peringkat dibandingkan tahun lalu.

5. Annika Falkengren
Falkengren adalah seorang President and CEO SEB, yaitu suatu perusahaan asal Swedia. Sekarang, dia berhasil merangkak empat peringkat dari tahun sebelumnya, yaitu dari peringkat ke-9 menjadi urutan ke-5.

6. Karen Agustiawan

Indonesia patut berbangga hati. Dirut Pertamina ini mampu menduduki peringkat ke-6 pada daftar perempuan berpengaruh versi majalah ini. Tahun lalu, Karen hanya menduduki peringkat ke-19.

Majalah Fortune melirik wanita ini, sebab Karen telah memperbarui kontrak senilai US$70 miliar. Dia juga merupakan wanita CEO pertama yang berhasil membawa Pertamina menembus peringkat Fortune Global 500 Company.

Health Minister Ensures Hospitals Ready to Handle Dengue Patients

Tahun lalu, di bawah masa jabatannya, Pertamina berhasil meraup untung sebesar US$2,7 miliar dan ini adalah profit terbesar perusahaan pelat merah ini selama 45 tahun terakhir. Tidak hanya itu, global bond senilai US$5 juta yang telah diterbitkan Pertamina, telah mengalami kelebihan permintaan (oversubscribed) sebanyak empat kali.

7. Carolyn McCall
Pada tahun ini, McCall telah berada di posisi terbaiknya. Sejak perusahaannya easyJet bergabung dengan FTSE100, pendapatan maskapai ini mencapai US$6 miliar. Pada 2010, keuntungan perusahaan ini naik sebesar 13 persen dan sahamnya menguat 161 persen. Tahun lalu, wanita ini menduduki peringkat ke-9.

8. Patricia Barbizet
Peringkat ke-8 diduduki oleh Barbizet yang melompat dari posisi ke-13. Wanita ini mengelola perusahaan Pinault yang bergerak di bidang rumah lelang dan ritel distribusi. Di bawah kendalinya, perusahaan ini mendapat laba yang naik 214 persen dari US$614 miliar pada 2012. Pendapatan perusahaan pun naik 19 persen dari US$14 miliar.

9. Dominique Senequizer
Setelah bergabung dengan perusahaan asuransi Prancis pada 1996, Senequizer membuat lompatan besar. Perusahaan yang dia namai Ardian ini telah memiliki aset sebesar US$36 miliar. Pada tahun lalu, wanita ini berhasil mengumpulkan dana sebesar US$8 miliar dari "fund of funds."

10. Chitra Ramkrishna
Ramkrisnha adalah wanita yang tergabung dalam National Stock Exchange. Dia adalah wanita pertama yang memimpin pasar modal di India. Nilai kapitalisasi pasar bursa yang dipimpinnya mencapai US$1 triliun, dan telah membuat pasar modal India menjadi pasar modal terbesar ke-7 di dunia. (art)

Direktur Eksekutif Indo Barometer, Muhammad Qodari menyampaikan hasil survei.

Sentil Gugatan Paslon 01 dan 03 di MK, Qodari Soroti 2 Hal Ini

Qodari mengatakan jika Paslon 01 dan 03 serius, seharusnya mereka ajukan gugatan pencalonan Gibran ke PTUN sejak awal saat pendaftaran peserta Pilpres 2024 ditetapkan KPU

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024