Gita: Rumah Adat Palembang Diekspor ke India dan Iran

Mendag Gita Wirjawan saat jumpa pers hasil pertemuan G20 di Meksiko
Sumber :
  • Antara
VIVAnews
Generasi Muda Harus Cerdas Finansial Dalam Menabung dan Kelola Keuangan
- Penyelenggaraan Trade Expo Indonesia ke-28 telah resmi dibuka hari ini di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta, Rabu 16 Oktober 2013.

Kondisi Tragis di Gaza, FYP Minta Yordania-Mesir Buka Perbatasan untuk Bantuan Kemanusiaan

Menteri Perdagangan Gita menyatakan bahwa pameran ini menampilkan produk dan jasa unggulan Indonesia. Antara lainĀ  seperti produk otomotif, kesehatan, makanan dan minuman. Adapun bidang jasa meliputi tenaga kerja terlatih, pertambangan, dan konstruksi.
Heru Budi Didesak Segera Bangun Proyek Pengelolaan Sampah Sunter yang Mangkrak 5 Tahun


"Trade Expo Indonesia mengangkat tema
'remarkable Indonesia'
. Kami menunjukkan lewat pameran ini, bahwa Indonesia kaya akan sumber daya alam dan sumber daya manusia," kata Menteri Perdagangan, dalam sambutannya di JIExpo.


Gita menambahkan, Pameran Dagang Indonesia yang digelar selama lima hari hingga 20 Oktober 2013 ini, turut mengusung produk dan jasa pembuatan rumah adat Palembang.


"Kami menampilkan rumah adat Palembang yang telah diekspor ke India dan Iran," kata dia.


Menurut Gita, jumlah pembeli internasional yang menghadiri Trade Expo Indonesia ke-28 ini telah bertambah. Dari 7.112 pembeli internasional dari 92 negara yang tercatat siap menghadiri pameran ini, kini menjadi 9 ribuan pembeli.


"Sekarang ada 9.300
buyer
dari 106 negara," kata Gita.


Pameran yang diadakan di area seluas 40 ribu m2 ini melibatkan 2.000 pengusaha nasional sebagai peserta, seperti pelaku UKM, koperasi, dan perusahaan BUMN.


"Kami menargetkan transaksi senilai US$2 miliar dari pameran produk dan jasa ini. Kami optimis target ini tercapai," kata Gita. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya