Presiden SBY Resmikan Proyek Infrastruktur Jatim

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu
VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meresmikan sejumlah proyek infrastruktur Kementerian Pekerjaan Umum di Jawa Timur. Peresmian itu dilakukan bersamaan dengan diresmikannya Pembangkit Listrik Tenaga Uap di Kabupaten Pacitan.
Suzuki Siapkan 66 Bengkel Siaga Dukung Mudik Lebaran 2024

Peresmian infrastruktur Kementerian PU tersebut meliputi sistem penyediaan air minum di sembilan ibu kota kecamatan, rumah susun sederhana sewa (rusunawa) di dua lokasi, dan jalan lintas selatan di Jawa Timur.
Nasib Tragis Kucing Okin: Dikabarkan Mati, Rachel Vennya Ungkap Fakta Mengejutkan!

Menteri PU, Djoko Kirmanto, Rabu 16 Oktober 2013, mengungkapkan bahwa selama ini perkembangan lalu lintas di daerah utara relatif lebih cepat dibandingkan dengan daerah selatan. Namun, perkembangan lalu lintas yang demikian pesat di daerah utara dibandingkan dengan prasarana jalan dan jembatan yang tersedia menyebabkan kondisi lalu lintasnya menjadi sangat padat.
Berikut Adalah Part Mobil yang Wajib Dicek Sebelum Digunakan Mudik Lebaran

"Jalan selatan dari Jawa Barat, Jawa Tengah sampai Jawa Timur untuk mengimbangi kegiatan yang selama ini terkonsentrasi di pantura (pantai utara) dialihkan ke pantai selatan," katanya.

Untuk itu, Djoko mengatakan, pemerintah membangun jalan dan jembatan dengan kapasitas dua lajur dua arah dengan panjang sekitar 30,91 kilometer menggunakan jenis konstruksi jalan flexible pavement (aspal) dan sembilan jembatan dengan panjang total 510 meter.

Jalan yang dibangun di Pacitan ini memakan lahan seluas 742 hektare untuk pembebasan lahan.

Total biaya ganti rugi mencapai Rp36,72 miliar yang dibiayai melalui dana APBD kabupaten senilai Rp25,72 miliar dan APBN sebesar Rp10,99 miliar.

Pembangunan jalan lintas pantai selatan Pacitan-Sidomulyo-Hadiwarno ini dilaksanakan melalui kontrak tahun jamak dan tahun tunggal yang dibiayai melalui sumber dana APBN sejak anggaran 2008 hingga 2012 dengan nilai Rp380,99 miliar dan melibatkan partisipasi beberapa penyedia jasa serta konsultan pengawas.

Selain itu, dia mengungkapkan, untuk mencukupi kebutuhan pelayanan air minum Kabupaten Pacitan dan sekitarnya, kementerian menyelesaikan pembangunan sistem penyediaan air minum di sembilan ibu kota kecamatan.

Proyek tersebut, enam di antaranya berada di Kabupaten Pacitan, yaitu di Kecamatan Donorojo, Kebon Agung, Maron, Ngadirojo, Nawangan, dan Sudimoro. Tiga lainnya di Kabupaten Sidoarjo, Bojonegoro, dan Trenggalek.

"Sistem penyediaan air minum yang dibangun dengan kapasitas hingga 50 liter per detik ini diharapkan dapat melayani kebutuhan air di daerah rawan air di Kabupaten Pacitan dan sekitarnya," katanya. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya