Saran SBY untuk Aktifkan Jalur Kereta Jakarta-Sukabumi

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyambut baik inisiatif Menteri BUMN, Dahlan Iskan, yang ingin memberikan peran kepada perusahaan-perusahaan pelat merah dalam memperbaiki infrastruktur transportasi darat di Sukabumi.

Persib Bandung Bagi-bagi Takjil Gratis, Maskot Ikut Turun ke Jalan

Salah satunya, .

Dalam sambutannya di acara pencanangan BPJS kesehatan di kompleks Secapa, Sukabumi, Jawa Barat, Senin 21 Oktober 2013, Presiden SBY mendukung upaya meningkatkan mobilitas masyarakat setempat demi pengembangan perekonomian.

Namun, pengaktifan kembali moda kereta api Jakarta-Sukabumi itu harus diwujudkan secepatnya. "Kalau Pak Dahlan bilang dua bulan itu paling lambat, ya tolong segera direalisasi," ujar SBY.

Kementerian BUMN diperintahkan untuk segera melakukan kerja sama dengan Kementerian Perhubungan. Khususnya berkoordinasi terkait penghitungan anggaran yang akan dikeluarkan.

"Tetapi, ketika masih dibutuhkan waktu dalam peningkatan sarana transportasi kereta api ini, saya senang BUMN tampil sebagai pembuka jalan dan siap merealisasikannya," kata SBY.

Masalah buruknya kondisi akses transportasi darat di daerah Sukabumi juga dirasakan langsung SBY. Untuk menuju kompleks Secapa di Sukabumi ini, Presiden tidak bisa menempuh jalur biasanya, yaitu yaitu Ciawi - Sukabumi, karena terjadi longsor di Caringin.

Untuk itu, SBY menekankan bahwa perbaikan sarana dan prasarana infrasturktur jalan menjadi penting.  

"Saya juga sudah meminta Kementerian Pekerjaan Umum untuk meninjau tempat longsor, karena yang sekarang ini yang melewati rute biasa Sukabumi itu bisa tertahan 2-3 jam. Tadi, saya memutar lewat Cianjur," tutur SBY. (asp)

Otto Hasibuan Klaim Pemilu 2024 Paling Damai, Bukan Paling Buruk
Gerhana Matahari.

Gerhana Matahari Bisa 'Mengocok' Emosi Manusia sampai Mewek

Menurut NASA, jangan heran jika Anda atau seseorang di sekitar akan menangis ketika menyaksikan Gerhana Matahari Total (GMT).

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024