Alasan Dahlan Dorong BUMN Lakukan Remunerasi

pembukaan APEC CEO Summit 2013
Sumber :
  • ANTARA/Wahyu Putro
VIVAnews - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan, mendorong perusahaan-perusahaan BUMN untuk menerapkan sistem penggajian karyawan berdasarkan kinerja (pay for performance).
Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Dia menegaskan, Kamis 24 Oktober 2013, alasannya bahwa perusahaan yang menerapkan sistem ini adalah perusahaannya yang lebih maju.
Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman

"Kalau bisa tahun depan, seluruh BUMN sudah menggaji karyawan berdasarkan perfomanya (pay for performance). Jadi, sistem penggajiannya tidak sama rata. Jadi, nanti sesama manajer bisa tidak sama pendapatannya," kata Dahlan di kantor PT Pelabuhan Indonesia II, Jakarta.
Putra Tamara Bleszynski Ditabrak Orang Tak Bertanggung Jawab di Depan Rumah

Dahlan mencontohkan beberapa perusahaan BUMN yang telah melakukan remunerasi.

"Misalnya Bank Mandiri, Telkom, PGN, dan Pertamina. PT KAI sedang dalam proses. Sistem penggajian berdasarkan performa membuat perusahaan lebih maju," kata dia.

Tentu saja dengan adanya sistem seperti ini, Dahlan berpendapat, akan memacu para pegawai perusahaan pelat merah untuk terus meningkatkan kinerjanya. "Hal ini bertujuan supaya ada sinyal kepada karyawan. Ada perlakuan yang berbeda antara karyawan yang berprestasi dan yang tidak," ujarnya.

Lalu, dia juga meminta laporan tentang perusahaan pelat merah yang telah melakukan sistem itu. "Saya meminta itu dilaporkan. Yang belum menerapkan, segera menerapkan," tutur dia. (adi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya