Pembangunan Tol Cimanggis-Cibitung Terkendala Izin Pemda Jabar

Pembangunan jalan tol Semarang - Solo di Banyumanik, Semarang
Sumber :
  • Antara/ Prasetyo Utomo

VIVAnews - Pembangunan jalan tol Cimanggis-Cibitung yang merupakan jaringan tol Jakarta Outer Ring Road II masih belum bisa diharapkan untuk bisa segera berjalan. Hingga kini, tak ada kemajuan yang berarti.

Jangankan untuk mulai membangun, membebaskan lahan pun proyek jalan tol sepanjang 25,4 kilometer ini bahkan tidak bisa. Karena belum mempunyai Surat Persetujuan Penetapan Lokasi Pembangunan (SP2LP), yang merupakan salah satu syarat agar pembebasan lahan untuk jalan tol ini bisa dimulai.

Bikin 2 Gol ke Gawang Korsel, Begini Kata Rafael Struick
Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Achmad Gani Ghazali, Selasa 29 Oktober 2013, menjelaskan bahwa jalan tol yang melintasi dua provinsi ini hingga kini belum mendapat SP2LP yang dikeluarkan oleh Gubernur Jawa Barat.

Anies Buka Peluang Maju Pilgub Jakarta: Saya Baru Satu Periode

"Jadi, pembebasan tanah juga belum ada progresnya," ujar Gani kepada VIVAnews.

Sebetulnya, ia menambahkan, BPJT telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah beberapa waktu lalu. Sekretaris Daerah yang kala itu menjadi perwakilan Pemprov Jawa Barat berjanji akan segera memproses segala syarat yang diperlukan untuk pembangunan jalan tol yang sudah mangkrak semenjak krisis ekonomi 1998 ini.

Menurut Gani, seharusnya proses ini bisa segera diselesaikan. Apalagi Gubernur Jawa Barat ini bukan merupakan "orang baru", sehingga tidak perlu ada penjelasan ulang mengenai keperluan ini.

BPJT, kata Gani, berharap proses perizinan ini cepat diselesaikan oleh Pemda Jawa Barat, agar pembebasan tanah bisa segera dilakukan. "Dengan demikian lahan yang dibutuhkan sekitar 200 hektare bisa segera dipenuhi," kata Gani. (art)

Ilustrasi beli obat bisa lewat layanan telefarmasi.

Istri Bintang Emon Positif Narkoba Gegara Obat Flu, Begini Penjelasan Ahli

Terkait kasus yang dialami oleh Alca Octaviani, ada 2 jenis obat yang telah ia konsumsi di antaranya adalah obat actifed yang mempunyai kandungan pseudoephedrine.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024