Pertamina EP Tangani Semburan Liar Gas di Tarakan

Petugas Pusat Vulkanologi uji kandungan semburan gas di Pamekasan, Madura
Sumber :
  • Antara/ Saiful Bahri
VIVAnews
Cekcok Hebat dan Bergumul di Kamar, Suami Sadis Ini Tega Bunuh Istri Pakai Obeng
- PT Pertamina EP tengah menangani kejadian semburan liar dari Sumur JTA-122 yang terletak di Kelurahan Juata Krikil, Kecamatan Tarakan Utara, Kota Tarakan, Kalimantan.

9 Menu Buka Puasa Unik dari Berbagai Negara, Bikin Ngiler dan Penasaran!

Semburan ini, sejak Rabu 31 Oktober 2013 pukul 17.30 WITA, mengeluarkan air, pasir, dan gas dengan ketinggian semburan mencapai 25-30 meter, akibat dari tingginya tekanan bawah permukaan yang berkisar sekitar 700 psi.
KPK: Sahroni Sudah Kembalikan Aliran Dana Rp 40 Juta dari SYL yang Mengalir ke Nasdem


Dalam keterangan tertulis yang diterima
VIVAnews
, pada Kamis 31 Oktober 2013, Pertamina EP Field Tarakan langsung menanggulangi peristiwa tersebut. Penanganan hingga saat ini adalah mengevakuasi seluruh kru dan peralatan, mengisolasi lokasi, serta penanggulangan cairan yang dikeluarkan dari sumur tersebut.


"Upaya lanjut yang dilakukan untuk pengamanan lokasi sekitar sumur adalah pemasangan
oil boom
, pembuatan
pit
, dan
waterlack
," kata
Public Relation Manager
Pertamina EP, Agus Amperianto, dalam keterangan tertulisnya.


Lokasi sumur JTA 122 terletak cukup jauh dari permukiman masyarakat. Tapi, tetap diberlakukan radius jarak aman sejauh 100 meter, karena dari sumur ini masih keluar semburan. Meskipun, saat ini, ketinggian aliran sudah berkurang menjadi kurang dari 10 meter.


Agus mengimbau kepada masyarakat agar untuk sementara waktu tidak mendekati lokasi sumur tersebut, karena sedang dalam penanganan tim penanggulangan keadaan darurat PT Pertamina EP.


"Kami mohon maaf kepada masyarakat di sekitar lokasi atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat kejadian ini. Kami terus berupaya agar penanganan segera berhasil dan semburan sumur JTA-122 dapat dikendalikan," kata dia. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya