PU Baru Serap 75,75% Dana Alokasi Khusus Tahun Ini

Menteri PU Djoko Kirmanto
Sumber :
  • galeryfoto.pu.go.id

VIVAnews – Kementerian Pekerjaan Umum per 4 November 2013 baru menyerap 75,75 persen dana alokasi khusus (DAK) dari anggaran tahun ini sebesar Rp8,1 triliun.

Staf Ahli Menteri Pekerjaan Umum Bidang Keterpaduan Pembangunan, Taufik Widjoyono, ketika ditemui di Jakarta, Senin 4 November 2013, berharap bahwa tahun ini penyerapan DAK bisa lebih dari 90 persen hingga akhir tahun.

Kubu 03 Bantah Pemilu Ulang Hambat Pelantikan Presiden Terpilih: Alasan Mengada-ada

Menurut Taufik, anggaran DAK tahun depan diperkirakan mencapai Rp10,1 triliun. "Namun, hingga saat ini yang menjadi kendala dari penyerapan DAK adalah sulitnya pelaporan dari daerah ke pusat," ujarnya.

Padahal, menurutnya, pemerintah pusat telah memberikan software yang bisa mempermudah pelaporan sehingga cukup melalui online. Namun, walaupun software ini sudah dibagikan, hingga kini laporan yang masuk dari daerah tidak datang teratur.

Taufik menjelaskan, pada tahun ini ada 1.754 satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang menerima DAK. Setiap SKPD, menurutnya, bertanggung jawab terhadap satu buah proyek yang ada pada DAK.

Hingga saat ini, Taufik mengatakan, hanya 1.109 SKPD yang menyerahkan laporan penyerapan pekerjaan mereka. Angka ini, hanya 63,23 persen dari total seluruh SKPD yang ada.

Dia menuturkan bahwa DAK ini digunakan untuk pembangunan infrastruktur dasar seperti jalan, irigasi, pemukiman, sanitasi, dan air minum. (asp)

Fashion Photoshoot Project Volume 5

Menginspirasi Generasi Baru, Fashion Crafty Jakarta Hadirkan Kolaborasi Fashion Photos Project 5

Event yang diselenggarakan oleh Fashion Crafty Jakarta menampilkan pertemuan yang menginspirasi antara desainer mode, fotografer, makeup artist, dan fashion stylist.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024