Anin Bakrie: Menjadi Pengusaha Itu Mudah, Asal Punya Mimpi

Anindya Novyan Bakrie di Acara Apec
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews
Generasi Muda Harus Cerdas Finansial Dalam Menabung dan Kelola Keuangan
- Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Anindya Bakrie menyampaikan strategi-strategi agar menjadi pengusaha Indonesia yang handal di hadapan ratusan mahasiswa Institut Pertanian (IPB), Dramaga, Bogor, Jawa Barat, Minggu 10 November 2013.

Kondisi Tragis di Gaza, FYP Minta Yordania-Mesir Buka Perbatasan untuk Bantuan Kemanusiaan

"Saat ini dibutuhkan empat juta pengusaha di Indonesia," katanya, saat memberikan pemikirannya di seminar
Heru Budi Didesak Segera Bangun Proyek Pengelolaan Sampah Sunter yang Mangkrak 5 Tahun
Menjadi Pribadi Pembawa Perubahan di Era Modernisasi yang di selenggarakan organisasi AKMAPESA Diploma IPB.


Ia mengatakan, ada empat langkah agar menjadi pengusaha yang handal. Di antaranya, pengusaha mesti berani bermimpi, karena mimpilah satu-satunya yang gratis. Makin tinggi mimpinya maka makin besar keluar energi positif untuk menjadi pengusaha.


Selain itu, kata dia, pengusaha musti berani dari kegagalan, karena itu kegagalan itu salah satu proses yang sudah diatur untuk menjadi pengusaha yang berhasil. Namun, tidak semua orang yang bangkit dari kegagalan. Pengusaha juga harus mempunyai jaringan rekanan yang banyak.  "Saya mendoakan kalian untuk berhasil," katanya.


Sedangkan strategi yang terakhir adalah bagaimana menggunakan teknologi agar efisien dan produktif. "Dalam hal teknologi informasi, kita jangan sampai hanya menjadi pelanggan, tapi bisa menjadi hal itu sebagai ruang bisnis," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya