Listrik Bandara Internasional Soekarno-Hatta Kembali Normal

Grand Desain Bandara Soekarno-Hatta
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Sebanyak delapan genset bekerja dengan baik mendukung operasional Bandara Internasional Soekarno-Hatta ketika arus listrik dari PLN itu terputus siang tadi hingga arus kembali normal pada 15.05 WIB.

Menurut data Main Power Station Bandara Internasional Soekarno-Hatta, listrik mati akibat aliran dari PLN Teluk Naga, PLN Tangerang Lama, PLN Cengkareng JIAC I dan JIAC II, terputus pada pukul 14.12 WIB. Kondisi ini menyebabkan gangguan kelistrikan di pelabuhan udara tersibuk di Indonesia itu.

Saat aliran terputus, genset yang dimiliki PT Angkasa Pura II selaku operator Bandara Internasional Soekarno-Hatta langsung dioperasikan untuk mendukung layanan di bandara.

Di Bandara Internasional Soekarno-Hatta terdapat 8 unit genset, terdiri dari 3 unit genset masing-masing berkapasitas 1.600 KVA yang disiapkan untuk pelistrikan prioritas seperti pendingin udara dan teknis, lalu 3 unit genset berkapasitas masing-masing 850 KVA juga guna mendukung teknis, dan 2 unit genset masing-masing berkapasitas 2.000 KVA khusus untuk mendukung Terminal 3.

Khusus untuk operasional di air traffic control (ATC), Bandara Internasional Soekarno-Hatta memiliki uninterrupted power supply (UPS) dimana tenaga listrik tidak akan padam meskipun terjadi gangguan, sehingga tidak mengganggu lalu lintas penerbangan.
 
“Seluruh genset bekerja dengan baik sehingga mampu mendukung kegiatan operasional pelayanan penerbangan ketika masalah kelistrikan terjadi," kata Sekretaris Perusahaan PT Angkasa Pura II Daryanto seperti dikutip dalam keterangan pers yang diterima VIVAnews, Senin 11 November 2013.

Cak Imin Siap Hadiri Sidang Putusan Sengketa Pilpres Jika Diwajibkan MK

Tepat pukul 15.05, aliran dari PLN Teluk Naga sudah kembali normal, sehingga kelistrikan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta juga berjalan normal. "Tapi kami belum tahu penyebab putusnya listrik dari PLN,” kata dia.

Akibat putusnya aliran listrik dari PLN, lampu penerangan di Terminal 1 dan 2 sempat mengalami gangguan sementara itu di Terminal 3 aman dari masalah kelistrikan. Saat ini, seluruh kelistrikan di Terminal 1, Terminal 2, dan Terminal 3 sudah kembali normal. (umi)

Eko Patrio

Eko Patrio Bersyukur, Gelar Halal Bihalal Dihadiri Sederet Artis dan Komedian Senior

Eko Patrio menggelar acara Halal bihalal di kediamannya di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu, 20 April 2024. Eko mengundang sederet artis dan komedian senior.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024