Utang Merpati ke Pertamina Capai Triliunan Rupiah

Pesawat Merpati
Sumber :
  • airliners.net
VIVAnews -
Ditanya Kontrak STY, Erick Thohir Sebut Sepakbola Indonesia di Jalur yang Tepat
Utang PT Merpati Nusantara Airlines (Persero) kepada PT Pertamina (Persero) besarnya seperlima total utang maskapai ini. Hal ini diungkapkan Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina, Hanung Budya, Selasa, 12 November 2013.
YouTube Luncurkan sebuah Serial Dokumenter 5 bagian berjudul “Seribu Kartini”

"Total utang itu sebesar Rp1,2 triliun. Jumlah itu adalah utang pokok plus bunga dan denda," kata Hanung di Kementerian Koordinasi Bidang Perekonomian, Jakarta.
Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia


Total hutang Merpati sendiri mencapai Rp6,7 triliun. Hanung mengatakan bahwa pembayaran utang Merpati kepada BUMN energi atas avtur itu kurang, bahkan lebih kecil daripada konsumsi BBM untuk pesawat.


"Kurangnya rata-rata Rp1-2 miliar per hari. Konsumsinya kan mencapai Rp3 miliar per hari. Pembayarannya kurang dari itu," kata dia.


Selanjutnya, Hanung mengatakan bahwa pihaknya memang telah cukup mendukung maskapai penerbangan ini. Tapi, mereka tentu memiliki keterbatasan dalam dukungan tersebut.


Seperti diketahui, Pertamina menutup pasokan avtur kepada Merpati untuk beberapa bandara. Jalur bahan bakar ini akan dibuka kembali namun dengan syarat.


"Kami akan tetap melayani dia (Merpati) sepanjang melakukan pembayaran cash (tunai). Jadi, kalau ingin beli, ya, pakai cash. Dengan membayar cash ini, kami akan melayani pembelian di bandara mana pun. Jadi, ini bentuk dukungan Pertamina kepada Merpati. Kami masih bisa memberi toleransi walaupun belum ada kejelasan kapan utang itu dibayar," kata dia.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya