Dahlan: Mobil Listrik Jadi Urusan Kemenristek

E&C, mobil listrik karya mahasiswa ITS
Sumber :
  • VIVANews/Tudji Martudji
VIVAnews
Berita Man Utd: Erik ten Hag Akui Situasi Bermasalah hingga Kekhawatiran Wright Soal Kobbie Mainoo
- Menteri BUMN, Dahlan Iskan, akhirnya bisa bernapas lega. Dua mobil listrik buatan Dasep Ahmadi, Selo dan Gendis, tengah diuji kelayakannya oleh pemerintah.
Anindya Bakrie Praises PP PBSI for Indonesian Success in All England

"Akhirnya, jelas, siapa yang berwenang mengurusi mobil listrik," kata Dahlan, di Jakarta, Kamis, 21 November 2013.
Anies Unggah Foto Bareng Cak Imin, Jubir Timnas Sebut Bahas Rekapitulasi KPU Jelang Pengumuman


Dahlan mengakui nasib kendaraan itu sempat terkatung-katung. Untuk mendapatkan sertifikasi, belum jelas siapa yang akan bertanggung jawab mengurusi kendaraan tersebut.


"Ada yang bilang Kementerian Perhubungan, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Riset dan Teknologi. Akhirnya, minggu lalu, mobil listrik sudah menjadi urusan Menristek (Menteri Riset dan Teknologi)," katanya.


Saat ini, mobil-mobil tersebut tengah diuji pemerintah di Yogyakarta. Pemerintah juga akan mengujinya di beberapa kota lainnya. Tujuannya adalah untuk menemukan kekurangan mobil listrik tersebut. Apabila ditemukan, mobil itu segera bisa diperbaiki.


"Menristek mengujinya pada 20-26 November di lima kota karena semangat Menristek bagaimana memajukan teknologi dalam negeri," ujar Dahlan.


Mantan bos PT PLN (Persero) ini mengatakan pengujian di kota-kota tersebut--Dahlan hanya menyebutkan Surabaya, Bandung, dan Yogyakarta, bertujuan untuk memperkenalkan mobil listrik kepada masyarakat. "Untuk mensosialisasikannya kepada masyarakat luas," katanya. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya