Mereka Jadi Terkaya di Indonesia karena Batu Bara

Orang Kaya Versi Forbes 2012 Low Tuck Kwong
Sumber :
  • forbes.com

VIVAnews - Majalah ekonomi terkemuka, Forbes Asia, untuk pertama kali melansir daftar 50 orang terkaya di Indonesia. Total nilai kekayaan mereka mencapai US$95 miliar atau sekitar Rp1.107 triliun.

Pendiri dan pemilik Grup Djarum, R Budi dan Michael Hartono masih menempati urutan pertama dalam daftar 50 orang terkaya Indonesia itu. Kekayaan Budi dan Michael Hartono tercatat US$15 miliar atau sekitar Rp174,8 triliun.

Dalam daftar itu juga terdapat tiga pendatang baru. Total kekayaan mereka mencapai US$1,74 miliar atau sekitar Rp20,2 triliun.

Namun, beberapa orang kaya RI itu, sempat mengalami kondisi yang cukup sulit. Terutama karena tekanan harga komoditas di pasar global.

Harga komoditas yang lebih rendah telah menggerus banyak kekayaan orang kaya Indonesia tahun ini. Dalam sembilan bulan pertama 2013, sektor pertambangan termasuk yang terpuruk di Bursa Efek Indonesia.

Pergerakan indeks saham sektor pertambangan terpangkas 21 persen dibandingkan kenaikan 1 persen pada indeks harga saham gabungan (IHSG).

Meskipun sinyal menunjukkan permintaan dari China mulai pulih, dan India membutuhkan lebih banyak batu bara, harga tetap rendah. Karena, pasokan komoditas itu cukup melimpah.

Selain itu, kekhawatiran jangka panjang tentang prospek batu bara mulai muncul, seiring pengembangan serpih minyak sebagai sumber energi murah di Amerika Serikat.

Kondisi itu ikut memicu tergerusnya kekayaan pengusaha batu bara RI. Dari delapan pebisnis tambang batu bara dalam daftar 50 orang terkaya Indonesia itu, nilai kekayaan turun 18 persen menjadi US$10,2 miliar dibanding dua tahun lalu.

Sejarah Bakal Pecah, Besok Raja Aibon Kogila Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI

Pundi-pundi kekayaan Low Tuck Kwong yang mencapai US$3,7 miliar dua tahun lalu, tahun lalu terpangkas 32 persen menjadi US$1,37 miliar atau Rp16 triliun.

Bahkan, Kiki Barki mencatat penurunan tajam pada kekayaannya seiring terpuruknya harga saham PT Harum Energy Tbk. Kekayaan Kiki Barki anjlok 37 persen menjadi hanya US$680 juta atau Rp7,9 triliun.

Kondisi serupa juga dialami Garibaldi Thohir dan Benny Subianto. Sebagian kekayaan mereka diperoleh dari pengoperasian perusahaan tambang batu bara PT Adaro Energy Tbk.

Harga saham Adaro kini telah pulih dari penurunan pada September, meski masih tergerus 15 persen dibanding tahun lalu.

Di antara pebisnis di sektor itu, hanya Peter Sondakh yang mampu mencatat peningkatan kekayaan dari kepemilikan saham di perusahaan batu bara. Harga saham PT Golden Eagle Energy Tbk yang dimilikinya menguat, karena melaporkan keuntungan yang lebih tinggi.

Sementara itu, keberuntungan diraih Theodore Rachmat. Karena, dia memperoleh tambahan kekayaan dari aset lainnya, termasuk kepemilikan pada agen sepeda motor, Daya Adicipta Mustika.

Berikut nilai kekayaan sebagian orang kaya RI di bidang usaha batu bara:

1. Peter Sondakh
Usia: 61
Kekayaan: US$2,7 miliar atau Rp31,5 triliun.
Peringkat: 8

2. Theodore Rachmat
Usia: 69
Kekayaan: US$1,9 miliar atau Rp22,2 triliun.
Peringkat: 14

3. Low Tuck Kwong
Usia: 65
Kekayaan: US$1,37 miliar atau Rp16 triliun.
Peringkat: 21

4. Garibadi Thohir
Usia: 48
Kekayaan: US$960 juta atau Rp11,2 triliun.
Peringkat: 30

5. Benny Subianto
Usia: 71
Kekayaan: US$790 juta atau Rp9,2 triliun.
Peringkat: 37

6. Kiki Barki
Usia: 73
Kekayaan: US$680 juta atau Rp7,9 triliun.
Peringkat: 43

(umi)

Makin Panas, Hotman Paris Tantang Rocky Gerung Adu Jotos di Ring Tinju
Festival balon udara digelar di Pekalongan dan Wonosobo Jawa Tengah

Balon Udara Muncul di Ketinggian 9.000 Feet, AirNav Semarang Minta Pilot Waspada

AirNav telah mengeluarkan Notif atau NOTAM kepada pilot untuk waspadai munculnya balon udara yang diterbangkan secara liar di ketinggian 8.000 hingga 9.000 kaki.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024