UKM Lambat Berkembang, Orang-orang Kaya Masih Itu-itu Saja

Suatu kios UKM Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Bali.
Sumber :
  • VIVAnews / Bobby Andalan
VIVAnews
Mulai Hari Ini, Prabowo Subianto Bakal Dikawal Paspampres
- Perkembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia hingga saat ini dinilai masih lambat. Hal tersebut dibuktikan dari daftar orang terkaya di Indonesia, yang setiap tahunnya masih didominasi oleh orang-orang tertentu dan pada lingkaran bisnis yang sama.
Ternyata Ada 3 Tentara Wanita Malaysia yang Tewas dalam Kecelakaan Helikopter

Wakil Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro di Subang, Jawa Barat, akhir pekan ini mengaku terus mengikuti isu itu. Menurutnya, sejak 25 tahun yang lalu, saat masih mahasiswa, daftar orang terkaya di Indonesia tidak jauh berubah dibandingkan saat ini.
Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan


"Itu menunjukkan kita tidak punya banyak wirausaha baru," kata dia.


Dirinya mencontohkan, seperti raja properti di Indonesia yaitu grup Ciputra. Walaupun ada beberapa pemain baru yang mulai menonjol, dominasi Ciputra  masih sangat tinggi dalam pengembangan bisnis tersebut.


"Itu artinya pesaingnya tidak ada kan yang selevelnya," tambah Bambang.


Dia berharap terus tumbuhnya UKM di Indonesia saat ini. Namun, sesungguhnya indikator yang harus diperhatikan yaitu berapa banyak UKM yang naik peringkat menjadi pengusaha besar.


Capaian tersebut menurutnya yang dapat lebih mendorong tumbuhnya ekonomi Indonesia. "Misalnya dari 500.000 UKM ada 50.000 yang sudah atau calon pengusaha besar. Itu bagus. Paling bagus kalau ada perubahan makin besar," tegasnya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya