Pemerintah Keluhkan Industri Kreatif Diambil Negara Lain

Mari Elka Pangestu Tinjau Lokasi Syuting Film Hollywood
Sumber :
  • Dok. Kemenparkeraf

VIVAnews - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu, mengeluhkan negara asing yang mengambil industri kreatif Indonesia.

Di Epicentrum Walk, Jakarta, pada Rabu, 27 November 2013, Mari mengatakan, Kemenparekraf tengah bekerja sama dengan instansi pemerintahan lainnya, seperti Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Bank Indonesia, dan sektor lainnya.

"Sayang industri kreatif kita dicomot oleh negara lain. Banyak dari mereka yang ditawari oleh negara lain seperti Jepang dan Korea. Dibeli putus, istilahnya," ungkapnya.

Sayangnya, Mari tidak menyebut berapa industri kreatif yang sudah "dicomot". Dia hanya menjelaskan pelaku usaha industri kreatif melakukan cara tersebut untuk mendapatkan dana untuk tetap berproduksi.

"Mereka tidak bisa menggunakan lagi kreasi mereka. Kalau tidak dapat investor atau dana, mereka tidak bisa berproduksi. Ini yang sedang dicari jalan keluarnya," kata mantan menteri perdagangan tersebut.

Sementara itu, Mari mencoba memberikan dana dari sektor perbankan dengan menggunakan hak kekayaan intelektual (HAKI) sebagai jaminan.

"Ini yang sedang kami coba. Biasanya di negara lain, itu bisa. Tapi, tetap saja membutuhkan orang yang ahli dalam bidang ini. Misalnya, film atau lagu, orangnya harus bisa membuat proyeksi film atau lagu terkait potensinya. Jadi, ada yang bisa menilai sehingga perbankannya tertarik," kata dia.

Suzuki Siapkan 66 Bengkel Siaga Dukung Mudik Lebaran 2024

Saat ini, kementerian akan melakukan studi bersama Bank Indonesia untuk menemukan permasalahan permodalan untuk sektor ini. "Saya pikir kami mulai studi dulu dengan BI, baru kemudian masuk ke perbankan dan menentukan bagaimana anggarannya," kata dia. (art)

Ilistrasi moisturizer

Wajah Sering Kena Matahari Jangan Abaikan Penggunaan Moisturizer

Moisturizer telah lama menjadi bagian dari rutinitas perawatan kulit. Moisturizer atau pelembap telah terbukti dapat meningkatkan kadar air di stratum korneum.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024