Order Kapal Selam, Pemerintah Kirim Insinyur ke Korea Selatan

Kapal selam INS Chakra buatan Rusia
Sumber :
  • http://altileri.blogspot.com
VIVAnews
Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans
- Indonesia memang telah memesan beberapa unit kapal selam kepada Korea Selatan. Dari ketiga kapal tersebut, baru satu yang akan dibuat.
Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman

"Kami mengorder tiga kapal selam,
Putra Tamara Bleszynski Ditabrak Orang Tak Bertanggung Jawab di Depan Rumah
submarine ," kata Menteri Perindustrian, M. S. Hidayat, di Kementerian Perindustrian, Jakarta, Kamis, 28 November 2013.


Hidayat mengatakan pemesanan tersebut merupakan salah satu kerja sama Indonesia, terutama Kementerian Pertahanan, dengan Korea Selatan. Program pembuatan kapal selam itu berlaku hingga tahun 2025. Kapal pertama tersebut akan dibuat di Negeri Gingseng tersebut.


"Tenaga ahli kita diikutsertakan ke sana secara aktif. Insinyur kita pergi ke sana untuk belajar," ujarnya.


Para insinyur, tutur Hidayat, akan mempelajari pembuatan kapal selam. Nantinya, mereka akan pulang ke Indonesia dan membuat kapal kedua dan seterusnya dengan petunjuk yang diberikan oleh Korea Selatan.


"Tahap kedua nanti, itu ada yang dibuat di Indonesia melalui
guide
mereka," katanya.


Seperti diketahui pada 2012 silam, Kementerian Pertahanan mengatakan pemerintah telah memesan tiga unit kapal selam dari Korea Selatan. Pemesanan ini bertujuan untuk memperbanyak armada kapal selam. Selama ini, Indonesia baru memiliki dua unit kapal selam.


Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI, Soeparno, mengatakan diperkirakan awal tahun 2015, kapal ini sudah dikirim ke Indonesia.


"Awal tahun 2015 satu kapal selam sudah masuk dan tahun berikutnya kapal selam yang kedua," kata Soeparno usai penyematan brevet kehormatan Hiu Kencana di Pelabuhan Indah Kiat, Merak, Kota Cilegon, Banten. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya