JORR Dibuka Hingga Ciledug, Kemacetan Tol dalam Kota Berkurang

Proyek Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR I) seksi W2 Kebon Jeruk-Ulujami
Sumber :
  • Antara/ Yudhi Mahatma

VIVAnews – Pengerjaan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (Jakarta Outer Ring Road/JORR) W2 Utara diperkirakan akan rampung hingga Ulujami pada tahun ini. Jasa Marga, selaku pemilik konsesi, berencana membuka jalan tol itu hingga Ciledug. Tapi rencana ini masih menunggu keputusan Menteri Pekerjaan Umum (PU), Djoko Kirmanto.

Kubu Ganjar-Mahfud Ingin Suara Prabowo-Gibran Nol, Begini Kata KPU

Direktur Operasi PT Jasa Marga Tbk, Hasanudin, mengungkapkan bahwa pembukaan ruas tol baru ini bisa membuat kemacetan di tol dalam kota berkurang.

“Kalau tol JORR W2 sampai Ciledug dibuka, efeknya bisa mengurangi kemacetan di tol dalam kota sampai 10 persen,” katanya kepada VIVAnews, Minggu, 1 Desember 2013. Dia berharap Menteri PU dan Badan Pengatur Jalan Tol bisa menyetujui pembukaan jalan tol ini.

BI Pastikan Masyarakat di Lebaran 2024 Dapat Uang Baru

Hasan juga mengungkapkan bahwa pihak perseroan akan membuat jalan alternatif dan pengaturan lalu lintas di sekitar kawasan pintu keluar tol di wilayah Ciledug. Demi mengantisipasi kemacetan yang mungkin akan timbul ketika jalan tol dibuka.

Proyek jalan tol dengan nilai Rp2,22 triliun itu sendiri, hingga saat ini masih menghadapi masalah pembebasan tanah di daerah Petukangan. Akibatnya, jaringan JORR tidak terhubung sepenuhnya.

Mudik Lebaran 2024, Pergerakan Penumpang di Bandara Soetta Diprediksi Balik Seperti Sebelum Pandemi

Sebelumnya Menteri PU masih mempertimbangkan soal pengoperasian jalan tol hingga ke Ciledug. Djoko menganggap jalan arteri yang ada di Ciledug masih kecil dan dilewati banyak kendaraan.

“Nanti begitu dibuka, kendaraan ingin lewat sana semua pasti akan menimbulkan kemacetan yang luar biasa,” kata Djoko.

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono

Namanya Masuk Bursa Cagub DKI, Heru Budi: Pak Arifin Satpol PP Juga Berpotensi

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengaku belum kepikiran untuk maju dalam Pilkada 2024, dia justru menilai Kasatpol PP DKI Arifin berpotensi maju di Pilkada DKI.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024