Ini Hidangan Afrika Selatan Favorit Nelson Mandela

Hidangan khas Afrika Selatan Samp
Sumber :
  • iStock

VIVAlife - Kepergian Nelson Mandela menyisakan begitu banyak kenangan terutama bagi orang-orang terdekatnya. Pria yang biasa disapa dengan panggilan Madiba itu ternyata memiliki banyak makanan favorit yang begitu sering ia santap semasa hidupnya.

Siapa sangka mantan orang nomor satu di Afrika Selatan yang memiliki chef pribadi dan pernah berkunjung ke berbagai restoran mewah di berbagai penjuru dunia tersebut ternyata memiliki selera makanan yang sederhana? Ya, Mandela begitu menyukai masakan rumah dan hidangan tradisional khas Afrika. Salah satu makanan favoritnya adalah samp, sejenis pasta dari tepung maizena dan ulusu atau tripe yakni hidangan yang terbuat dari usus sapi.

"Setiap hari ulang tahunnya, kami sekeluarga selalu menikmati samp dan tripe, hidangan favoritnya," ucap cucu Mandela, Ndileka Mandela kepada Sowetan Live.

Hidangan khas Afrika lainnya yang menjadi favorit Mandela yaitu umsila wenkomo, sup dengan kuah kental berbahan dasar ekor sapi yang dimasak perlahan bersama sayur-sayuran seperti wortel, paprika, kentang dan kacang polong.

Kecintaannya pada hidangan Afrika membuat sang chef pribadi, Xoliswa Ndoyiya meluncurkan buku masak berisi resep-resep hidangan favorit Mandela, beberapa tahun lalu. Total terdapat 62 resep hidangan tradisional Afrika sederhana yang ditulis di dalam buku masak karya wanita yang telah bekerja menjadi chef pribadi Mandela selama 20 tahun lebih.

"Xoli (panggilan Ndoyiya) bukan hanya seorang chef pribadi, ia adalah bagian dari keluarga," ucap Luvuyo Mandela, cicit Mandela saat peluncuran buku masak tersebut.

Ndoyiya sendiri berpendapat bahwa makanan merupakan cara memperkuat hubungan antar anggota keluarga serta memberikan kenangan yang spesial.

"Tata (panggilannya untuk Mandela) mengatakan pada saya bahwa setiap saya memasak umphokoqo (hidangan dari yogurt), ia teringat sang ibu yang memasak hidangan itu dengan cinta untuknya," tulis Ndoyiya dalam buku masaknya.

Tebar Berkah Ramadan 1445 H, Mandiri Group Santuni 57.000 Anak Yatim dan Duafa

Sumber: BBC/MNN/ABCNews/Silverlinksnetwork

Polda Bali bersama bidang metrologi dan tertib niaga Disperindag kota Denpasar sidak SPBU

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Persediaan BBM di Bali Masih Aman

Polisi melakukan sidak ke SPBU di sekitar Denpasar, Bali.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024