Resep Belanja Hemat di Tengah Krisis

VIVAnews- Krisis ekonomi dunia yang kini tengah melanda turut menggiring kaum  hawa untuk memperketat budget belanjanya. Mengapa pengetatan belanja di masa krisis seperti ini diperlukan?

MK Tolak Seluruh Gugatan Sengketa Pilpres, Sekjen PAN: Mari Kita Hormati Ujung Proses Pemilu Ini

Tentunya, untuk mengantisipasi kebutuhan yang lebih menjadi prioritas. Berikut adalah tips singkat bagaimana bisa berbelanja hemat di tengah krisis:

Buat daftar belanja. Sebelum pergi, putuskan apa yang Anda perlukan, bukan yang Anda inginkan. Tulis dalam daftar singkat dan jadikanlah daftar belanja tersebut sebagai acuan. Ingat, apa yang Anda perlukan, bukan inginkan ! Namun yang terpenting, disiplin pada apa yang sudah Anda tulis.

Persiapkan diri sebelum belanja.
Penting untuk mempersiapkan diri sebelum berbelanja, seperti makan sebelum pergi atau membawa kartu diskon / kupon yang dibutuhkan. Selain untuk menghemat perjalanan Anda selama berbelanja, persiapan sebelum pergi juga merupakan waktu tambahan bagi Anda untuk tidak melupakan barang-barang yang seharusnya Anda bawa. Seperti mempersiapkan payung sebelum hujan, memeriksa keadaan rumah sebelum ditinggalkan, serta persiapan lain. Jangan sampai Anda terpaksa kembali lagi ke rumah hanya untuk mematikan kompor yang sebelumnya lupa dimatikan.

Jangan terpengaruh promosi yang tidak sesuai dengan kebutuhan.
Sesampainya di supermarket jangan lupakan daftar belanja yang sudah Anda persiapkan. Hindari membeli barang yang tidak tercantum dalam daftar, terlebih jika keinginginan itu berasal dari hadiah yang ada di balik produk tersebut. Anda memang tidak mencantumkan produk itu dalam daftar belanjaan karena tidak merasa membutuhkannya.

Bawa uang secukupnya untuk memenuhi daftar belanja dan mengantisipasi “lapar mata”. Kalau perlu, tinggalkan kartu kredit atau kartu debit
. Hal ini bermanfaat jika Anda sulit menahan hasrat berbelanja melebihi daftar belanjaan. Uang pas-pasan dalam dompet akan membantu menahan hasrat itu. Begitu pula dengan meninggalkan kartu kredit atau pun kartu debit. Pasalnya, walau uang yang Anda bawa tidak berlebih, kartu kredit atau debit bisa memudahkan Anda untuk menambah daftar lain dalam daftar belanjaan Anda sebelumnya.

Batasi waktu belanja. Selain efisiensi belanja, Anda juga perlu memperhitungkan waktu selama berbelanja. Semakin lama Anda berkeliling, Anda akan makin tergoda dengan barang yang tidak diperlukan. Selain itu, lekas pulang setelah daftar belanja Anda terpenuhi akan memberi banyak waktu luang di rumah atau mengerjakan aktivitas lain.

Jangan bawa anak-anak. Tidak membawa anak-anak akan membantu Anda bersikap disiplin pada daftar belanjaan. Jika membawa anak, Anda harus memasukkan belanjaan ekstra, seperti makanan kecil yang sebelumnya Anda rasa tidak diperlukan. Bukannya bersikap pelit, tapi lebih baik membeli makanan bergizi dan menyehatkan daripada makanan kecil yang banyak mengandung za berbahaya.

Sean Gelael raih posisi 1 di sirkuit Imola

Sean Gelael dan Tim WRT 31 Paling Terdepan, Raih Posisi 1 di Imola

Hasil yang mengagumkan diperoleh oleh Tim W Racing Team (WRT) 31 yang di kendarai oleh Sean Gelael dan dua rekam satu timnya, Augusto Farfus (Brasil) dan Darren Leung.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024