Meski Dolar Menguat, Kunjungan Wisatawan Asing Belum Bertambah di DIY

Sumber :
  • Antara/ Noveradika

VIVAnews - Nilai tukar rupiah yang melemah terhadap dolar AS dalam dua pekan terakhir ternyata belum berdampak signifikan terhadap peningkatan kunjungan wisatawan asing ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Sekretaris Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY, Deddy Pranowo Eryono, Rabu 11 Desember 2013, menjelaskan bahwa hingga pekan kedua bulan ini, tercatat kunjungan wisatawan asing ke Yogyakarta baru mencapai 170 ribu dari 190 ribu yang ditargetkan.

"Belum ada peningkatan kunjungan wisatawan asing ke Yogyakarta, meski nilai rupiah melemah," ujar Deddy kepada VIVAnews.

Persib vs Bhayangkara FC Imbang, Begini Komentar Bojan Hodak

Berdasarkan data kurs referensi Bank Indonesia dalam Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) pagi ini, rupiah kembali menembus level Rp12.000 per dolar AS. Data BI menyebutkan, kini rupiah diperdagangkan pada posisi Rp12.005, atau melemah dibanding sehari sebelumnya di level Rp11.985 per dolar AS.

Menurut dia, banyak faktor lain selain pelemahan rupiah yang menyebabkan wisatawan asing datang ke DIY. Di antaranya adalah keamanan, bencana alam, hingga suhu politik di Indonesia.

Selama ini, ia melanjutkan, wisatawan asing yang paling banyak berkunjung ke Yogyakarta adalah dari Malaysia, Singapura, Belanda, Jepang, Australia, dan kawasan di negara Eropa.

"Kedatangan wisatawan asing ke Yogyakarta biasanya menyesuaikan hari libur yang ada di negara-negara mereka masing-masing,” kata Deddy.

Dilihat dari jumlah kamar hotel yang sudah dipesan (booking) di DIY hingga pertengahan Desember ini, baik yang berbintang maupun tidak, ternyata rata-rata okupansinya belum mencapai 80 persen.

"Booking room hotel biasanya akan meningkat menjelang tahun baru atau usai libur Natal. Tak hanya wisatawan asing, wisatawan dalam negeri juga banyak yang datang ke Yogyakarta untuk merayakan pergantian tahun,” kata Deddy. (art)

Ilustrasi diabetes/cek gula darah.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Diabetes adalah kondisi yang memerlukan perhatian khusus terhadap pola makan. Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan jangka panjang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024