Ekonom: BI Rate Stay di 7,5 persen

Uang rupiah.
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews – Kepala Ekonom Bank Mandiri, Destry Damayanti, memprediksi BI Rate akan tetap bertahap di angka 7,5 persen. Menurutnya, Bank Indonesia (BI) akan mengevaluasi dulu sejauh mana dampak yang ditimbulkan atas kebijakan BI Rate sebelumnya, 7,5 persen.

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia

Pridiksi ini disampaikan oleh Destry terkait rencana Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI yang akan dillaksanakan hari ini, Kamis, 12 Desembber 2013

“BI saya pikir akan evaluasi dulu. Sudah sejauh mana impact BI Rate di angka 7,5 persen. Misalnya, kredit masih tetap tumbuh 20 sampai 21 persen. Pemerintah dan BI mapping dulu,” ujar Destry kepada VIVAnews, Rabu, 11 Desember 2013.

Destry menuturkan bahwa menaikkan BI Rate secara terus-menerus untuk meredam pelemahan rupiah bukanlah solusi terbaik. Menurutnya, BI bersama pemerintah harus melihat sudah sejauh mana efektifitas paket kebijakan pemerintah untuk memperbaiki sisi fundamental terlebih dahulu untuk merencanakan kebijakan selanjutnya.

Pemerintah, ujar Destry, hendaknya melihat dengan baik sektor mana yang berdampak besar pada pelemahan rupiah dan mana yang tidak sehingga kebijakan BI dan pemerintah tepat sasaran, tidak pukul rata. Karena akan berdampak buruk pada khususnya usaha menengah ke bawah yang tidak memiliki keterkaitan langsung dengan pelemahan nilai rupiah.

“Kalau BI Rate dinaikkan terus-menerus bisa berdampak pada sektor yang tidak memiliki ketergantungan tinggi dengan dolar dan bahan mentah produksinya dari domestik. Khususnya pada usaha kelas mengah ke bawah. Jangan dipukul rata,” kata Destry.

Kendati demikian, menurut Destry, rupiah ke depan tetap bergerak di bawah level Rp12.000. Ke depan, katanya, kebutuhan dolar akan meningkat menyusul semakin dekatnya hari libur bersama. Namun, walaupun kebutuhan dolar meningkat, biasanya masyarakat akan mengerem konsumsi mereka menjelang hari libur.

“Kalau masyarakat mengerem kosumsi mereka, bisa berdampak mengurangi current account. Itu cukup membantu untuk menjaga kestabilan rupiah,” tuturnya.

Nikita Mirzani

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Di mata Nikita Mirzani, Rizky Irmansyah adalah sosok laki-laki berbeda dan memiliki daya tarik tersendiri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024