Kebab Versi Indonesia Ini Lebarkan Sayap Hingga China

Kebab Turki Baba Rafi
Sumber :
  • Dok.Pribadi

VIVAnews - Ada yang perlu dicontoh bagi para pengusaha, khususnya pengusaha usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Salah satu usaha makanan khas Timur Tengah, Kebab Turki Baba Rafi, melebarkan sayapnya ke luar negeri, bahkan ke negeri China tersebut.

Seperti yang dikutip dalam keterangan tertulisnya pada Jumat 13 Desember 2013, PT Baba Rafi Indonesia berekspansi ke China dan Sri Lanka di samping memperkuat usahanya di Malaysia.

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Mereka menggandeng investor bernama Essid Hesham Zorghani dan Qian Tang sebagai master franchise di China, sedangkan Azard Ishak digandeng sebagai master franchise di Sri Lanka.

“Rencana besar kami memang perluasan merek kami di Asia. Ekspansi ke China dan Sri Lanka merupakan peluang sekaligus langkah besar," kata Presiden Direktur Baba Rafi Indonesia, Hendy Setiono.

Menurut dia, China adalah negara dengan populasi terbesar di dunia dan Sri Lanka bisa menjadi pembuka jalan untuk penetrasi ke Maladewa dan India. Sementara itu, pesatnya pertumbuhan bisnis Kebab Turki Baba Rafi di Malaysia merupakan bukti prospek besar merek ini di pasar internasional.

Perusahaan asli Indonesia ini berencana membuka 7 outlet baru di Malaysia, 10 outlet baru di Sri Lanka, dan 10 di China. Pada 2014, ditargetkan outlet kebab ini dibuka di Kota Yiwu, Hangzhou, dan Shanghai. Untuk di Sri Lanka, cabang kebab ini dibuka perdana pada 18 Desember 2013 di Kolombo hingga akhir 2014.

“Kami sangat tertarik dengan konsep bisnis Kebab Turki Baba Rafi dan bersemangat untuk bekerja sama dengan manajemen Kebab Turki Baba Rafi untuk memastikan bisnis dan merek ini sukses di Cina," kata Zorghani.

Investor asal China ini menuturkan, Yiwu dipilih sebagai tempat outlet, karena kota tersebut adalah pusat perdagangan komoditas. Hangzhou adalah kota industri yang padat penduduk dan memiliki populasi muslim yang berkembang. Sementara itu, Shanghai dipilih karena merupakan kota dengan populasi terpadat di China.

Pemodal asal Sri Lanka, Ishak, menaruh kepercayaan kepada perusahaan ini. Menurut dia, kebab ini sukses di Indonesia dan dinilai bisa bersaing dengan produk franchise lainnya.

"Saya tidak sabar untuk membuka outlet pertama kami dalam bentuk resto di sebuah department store di Kolombo, 7 Stories, pada 18 Desember nanti," kata dia.

Sementara itu, untuk tujuh outlet di Negeri Jiran, Baba Rafi Indonesia membukanya dalam periode November 2013-Januari 2014, yaitu di Giant Malaysia Shah Alam, Bandar Sri Damsara, Bangi Gateway, Pusat Perubatan Universiti Malaya, Central Square Sg Petani, MYDIN Kubang Kerian, dan The Curve Mutiara Damansara.

"Master Franchise di Malaysia, Affandi Oh, berencana membuka 200 outlet baru dalam lima tahun ke depan," kata Hendi.

Seperti diketahui, usaha makanan ini bermula dari usaha gerobak sederhana di Surabaya pada 2003. Kini, Kebab Turki Baba Rafi memiliki 1.200 outlet di Indonesia, 28 outlet di Malaysia, dan 4 outlet di Filipina. Baba Rafi Indonesia pun berencana membuka outlet di Belanda. (art)

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman
Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jumat Agung, Presiden Jokowi Ajak Resapi Makna Pengorbanan Yesus Kristus

Presiden Joko Widodo, turut menyampaikan ucapa selamat Jumat Agung kepada umat Kristiani, yang jatuh pada hari ini, Jumat, 29 Maret 2024. Pengorbanan Yesus bisa diresapi.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024