BI: Pasar Uang RI Masih Bersifat "Tidak Ada Jaminan"

Logo Bank Indonesia.
Sumber :
  • VivaNews/ Nur Farida

VIVAnews - Pasar uang di Indonesia relatif belum berkembang dan mendalam. Selain itu, pasar uang di Tanah Air masih bersifat uncollateralized atau tidak ada jaminan. Akibatnya, transaksi dalam pasar uang cenderung berjangka pendek atau kurang dari satu bulan.

Kabar Gembira Ini untuk Penggemar BTS dan Kopi

Direktur Eksekutif Komunikasi Bank Indonesia (BI), Difi A. Johansyah, mengatakan jenis transaksi yang paling dominan di pasar uang Indonesia adalah Pasar Uang Antar Bank (PUAB).

Rata-rata transaksi harian pada 2013 mencapai Rp10,7 triliun. Karena masih bersifat uncollateralized, tutur Difi, PUAB rentan terhadap sentimen negatif dalam pasar uang.

“Karena meningkatnya ketidakpastian dan risiko kredit sementara, maka diperlu ada transaki repo (collateralized) untuk meminimalkan resiko itu,” ujarnya, Selasa, 17 Desember 2013.

Difi menjelaskan selama 7 tahun terakhir, transaksi PUAB dengan repo (collateralized) relative kecil dengan proporsi kurang lebih 3 persen dari keseluruhan transaksi PUAB. Rata-rata harian transaksi repo berkisar sebesar Rp132 miliar.

“Sebelum tahun 2010, underlying asset transaksi repo didominasi oleh instrumen SBI, sedangkan sejak 2012 lebih didominasi oleh Surat Berharga Negara (SBN),” katanya.

Maka dari itu, papar Difi, BI memfasilitasi 8 bank yang selama ini aktif dalam transaksi repo. Kedelapan bank itu sebagai pioneer dalam penyusunan standar Perjanjian Repo dalam bentuk mini Master Repurchase Agreement (Mini MRA). MRA sendiri adalah perjanjian yang dilakukan antarbank di  pasar repo dengan jaminan surat berharga.

“Perjanjian repo dalam bentuk mini Master Repurchase Agreement (Mini MRA) dan mengacu pada aplikasi transaksi repo di BI-SSS (Scripless Securities Settlement System),” ungkapnya.

Adapun 8 bank yang meneken perjanjian kerjasama master repurchase agreement (MRA) itu adalah Bank Mandiri, Bank Central Asia (BCA), Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI),  Panin Bank Indonesia, Bank Jabar Banten (BJB), Bank DKI dan Bank Bukopin.

Pembunuhan Sadis, Wanita di Medan Tewas Ditangan Kekasihnya

BI mengagendakan peluncuran mini Master Repurchase Agreement (Mini MRA) besok, Rabu, 17 Desember 2013, oleh Gubernur BI di gedung BI.

(ren)

Singapura Siap Sambut Kembali Wisatawan! STB dan GDP Venture Perbarui Kemitraan
Hwang Sun-hong,

Lawan Timnas Indonesia U-23, Pelatih Korea Khawatir karena Hal Ini

Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Korea Selatan U-23 pada laga perempat final Piala Asia U-23 2024. Duel berlangsung di Abdullah bin Khalifa Stadium, Jumat dini hari

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024