Garap Proyek Sodetan Ciliwung, Wijaya Karya Sewa Alat Bor Jepang

Bangunan ilegal di bantaran kali tetap dibongkar untuk melanjutkan program normalisasi sungai di Jakarta.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews – PT Wijaya Karya Tbk yang mendapatkan proyek sodetan Ciliwung mengaku sudah menyiapkan peralatan untuk pengerjaan proyek senilai Rp492,6 miliar itu. Perseroan telah menandatangani kontrak peminjaman alat untuk melakukan pengeboran.

Direktur Operasi I Wijaya Karya, Budi Harto, ketika ditemui di Jakarta, Kamis 19 Desember 2013, mengungkapkan, perseroan sudah memesan penyewaan alat bor saat diumumkan mendapatkan proyek tersebut.

"Kami sudah melakukan order untuk menyewa alat bor dari Jepang dan akan sampai ke sini sekitar Maret," katanya.

Budi menuturkan, pembangunan tunnel sepanjang 1,27 kilometer ini akan menggunakan metode pipe jacking. Beton untuk pembangunan, dia menjelaskan, akan dipasok oleh anak usaha perseroan, yakni PT Wika Beton dari Cilegon.

Dia menjamin, tidak akan ada lalu lintas di permukaan yang terganggu akibat pengerjaan yang diproyeksikan berlangsung selama 14 bulan ini. Menurut dia, Wijaya Karya hanya membutuhkan sedikit lahan di tengah Jalan Otista untuk menyambung pipa beton tersebut.

“Mungkin akan ada sedikit gangguan, tetapi hanya di tengah untuk penyambungan pipa beton,” ungkapnya.

Selain itu, dia menambahkan, gangguan lain hampir tidak ada. Namun, proyek tersebut akan melewati rumah warga, yang lahannya sudah dibebaskan oleh pemerintah.

Dia menuturkan, sembari menunggu alat bor datang dari Jepang, Wika akan melakukan persiapan-persiapan konstruksi, seperti tempat pengeboran dan penyambungan pipa beton.

Menteri Pekerjaan umum, Djoko Kirmanto, mengungkapkan, pembangunan ini diharapkan bisa dilakukan secepat mungkin dan para kontraktor bisa langsung melakukan mobilisasi alat berat agar pengerjaan proyek ini tidak tertunda lagi.

"Saya minta tidak ada penundaan lagi, karena pada saat persiapan, tender sudah lama tertunda," ungkapnya. (art)

Tantrum Anak Bukan Hal Seram! Ini Rahasia Mengatasinya dengan Bijak
The All-New Citroen C3 Aircross

Citroen Luncurkan Mobil SUV Terbaru di Indonesia, Harga Rp200 Jutaan

Citroen secara resmi meluncurkan mobil SUV terbaru, The All New C3 Aircross pada hari ini untuk pasar Indonesia. Mobil ini hadir dengan berbagai fitur modern yang nyaman.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024