Aksi Korporasi Paling Mengejutkan di 2013

Warren Buffett
Sumber :
  • Forbes
VIVAnews
Bawaan Lahir yang Buat Vior Dicap Sebagai Bocah Kosong
- Laporan terbaru dari World Economic Outlook menjabarkan International Monetary Fund (IMF) memperkirakan pada tahun ini ekonomi global rata-rata tumbuh 2,9 persen, lebih rendah dibanding pertumbuhan ekonomi global pada tahun lalu 3,2 persen.

Geser Rigen, Juragan 99 Kini Jadi Penawar Tertinggi Vespa Babe Cabita Senilai Rp150 Juta

Sementara, dikutip dari laman
Indef Ungkap Tantangan Ekonomi yang Bakal Hantui Kabinet Prabowo-Gibran
Forbes , Minggu 22 Desember 2013, IMF menargetkan pada 2014 ekonomi global dapat tumbuh 3,6 persen. Prediksi ini didukung perekonomian Amerika Serikat yang mulai menunjukkan tanda-tanda pemulihan.

Namun, melambatnya ekonomi global tidak menghentikan langkah beberapa miliarder melakukan aksi bisnis yang mengejutkan. Berikut adalah aksi korporasi yang paling mengejutkan sepanjang tahun ini.

1.Warren Buffett
membeli HJ Heinz Co, perusahaan saus


Buffett menggandeng Jorge Paulo, miliarder asal Brasil membeli Heinz dengan harga US$23 miliar. Ini merupakan kesepakatan bisnis terbesar yang pernah ada di industri makanan.


2. Edward Snowden
menjadi pria paling dicari


Edward Snowden, merupakan mantan kontraktor National Security Agency (NSA) yang saat ini menjadi orang yang paling dicari di dunia terkait terkuaknya isu-isu penyadapan yang dilakukan Amerika Serikat dan Australia.


3. Bill Gates kembali menjadi orang terkaya di dunia


Empat tahun lalu posisi Bill Gates sebagai orang terkaya di dunia digeser  Carlos Slim, miliarder asal Meksiko. Tahun ini Bill Gates kembali menempati posisi pertama sebagai orang terkaya di dunia seperti dilansir majalah ekonomi Forbes pada Mei lalu.


4. Tidak beroperasinya sebagian pelayanan pemerintah (shutdown)  AS
karena masalah anggaran

Data yang dikeluarkan oleh Standard & Poor’s (S&P) menjelaskan Amerika Serikat dikabarkan mengalami kerugian US$24 miliar selama berlangsungnya
shutdown
(penutupan kantor pemerintah dan layanan publik).


5. Membaiknya harga saham Facebook


Setelah bermasalah pada saat IPO, akhirnya pada Juli lalu harga saham Facebook mulai membaik sehingga jumlah pundi-pundi kekayaan pendiri Facebook, Mark Zuckerberg melonjak.


6. Jeff Bezos, pendiri dan CEO Amazon membeli Washington Post


Jeff Bezos telah menyelesaikan pembelian surat kabar Washington Post seharga US$250 juta pada akhir September.


7. Perselisihan antara Time Warner Cable dan CBS


Perselisihan antara Time Warner dan CBS berakhir pada September.


8. OGX dinyatakan pailit


Perusahaan minyak ini dinyatakan pailit. Ini menjadi kasus kebangkrutan terbesar dalam sejarah korporasi di Amerika Latin. OGX kemudian mengajukan perlindungan setelah pada Oktober lalu perusahaan ini gagal meyakinkan kreditor dapat membayar utang US$4,8 miliar.


9. Marry Barra


Marry Barra menjadi perempuan pertama yang memimpin sebuah industri otomotif besar. Barra menjadi CEO baru General Motors. Dia menggantikan Dan Akerson yang akan memasuki masa pensiun pada 15 Januari 2014.


10. Janet Yellen


Yellen akan menjadi perempuan pertama yang menjabat Ketua Federal Reserve. Sebagai Ketua The Fed, ia akan memiliki kewenangan cukup besar terkait kebijakan ekonomi dan moneter AS. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya