Bulan Ini Waduk Jatibarang Mulai Pengisian Air

pembangunan Waduk Jatibarang, di Semarang
Sumber :
  • Antara/ R Rekotomo

VIVAnews - Pemerintah berencana untuk memulai pengisian air di waduk Jatibarang, Jawa Tengah. Pengisian waduk dilakukan menyusul sisa pengerjaan akan diselesaikan pada pertengahan bulan ini.

Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum, Mohammad Hasan, kepada VIVAnews, Jumat 3 Januari 2014 mengatakan, saat ini proses konstruksi sudah diselesaikan.

Pilkada Serentak 2024 Diusulkan Ditunda, Ini Sejumlah Pertimbangannya

"Kami tinggal menunggu masalah tiang SUTET yang ada di area genangan waduk untuk dipindahkan," ujarnya.

Hasan menambahkan, pemindahan dimulai pada 5 Januari 2014 dan diperkirakan selesai dua pekan kemudian. Selain itu, Hasan menilai, waduk yang bisa menampung 20,4 juta meter kubik air ini tidak ada masalah lagi.

Permasalahan lahan dan sosial yang dulu pernah menghambat pembangunan, menurut dia, saat ini sudah selesai.

Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto, mengungkapkan, waduk Jatibarang membutuhkan lahan seluas 266 hektare dengan biaya investasi Rp599,95 miliar. Dia menjelaskan, pengisian waduk membutuhkan waktu lebih dari tiga bulan.

Dia menambahkan, saat pengisian, terowongan air sungai yang tadinya dialihkan selama pembangunan akan ditutup dan dialihkan ke waduk.

"Mungkin pekan kedua atau ketiga Januari kami akan mulai isi," imbuhnya.

Adapun waduk tersebut dibangun dengan dibiayai pinjaman dari Japan International Cooperation Agency (JICA) yang ditujukan sebagai salah satu program penanganan banjir di Semarang dan sumber air baku dengan kapasitas 1.050 meter kubik per detik.

Selain itu, waduk Jatibarang nantinya juga akan dimanfaatkan untuk pembangkit listrik mikro hidro dengan kapasitas 1,5 megawat. Nilai investasi untuk membangun mikro hidro itu diperkirakan mencapai Rp30 miliar. (art)

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi

Instruksi Irjen Karyoto ke Jajarannya Pastikan Rangkaian Perayaan Paskah Kondusif

Polda Metro Jaya menegaskan bakal memberikan pengamanan pada seluruh gereja yang ada di wilayah Jadetabek saat Tri Hari Suci Paskah yang dimulai hari ini.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024