Belum Pasti Kapan Penerbangan Dialihkan ke Halim

Bandara Halim Akan Dibuka Untuk Umum
Sumber :
  • ANTARAFOTO/Agung Rajasa
VIVAnews
Putra Tamara Bleszynski Ditabrak Orang Tak Bertanggung Jawab di Depan Rumah
- Pemerintah hingga saat ini belum memastikan maskapai-maskapai yang penerbangannya akan dialihkan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta ke Halim Perdanakusuma.

Jokowi Launches Permanent Housing After Disaster in Central Sulawesi

Pada 12 Januari yang sebelumnya diproyeksikan beberapa penerbangan akan berpindah pun belum bisa dipastikan.
Gandeng IDH.ID, KoinWorks Sediakan Layanan Pay Later bagi UMKM dan Ritel


Direktur Jendral Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Herry Bakti, menuturkan realisasinya akan sangat tergantung dari berbagai aspek.


"Kami akan undang setiap maskapai, mereka kan kesiapannya berbeda-beda," katanya.


Herry mengungkapkan untuk urusan pemindahan penerbangan bukan hanya bandara saja yang perlu disiapkan, melainkan persiapan lalu lintas, maskapai, hingga pelayanan.


Dia menjelaskan memang ada maskapai yang mengaku siap untuk pemindahan, tetapi ada juga yang menyatakan baru siap pada akhir Februari.


Oleh karena itu, Herry belum bisa memastikan kapan kejelasan pemindahan ini. Menurutnya, target Kementerian Perhubungan memang tanggal 12 bulan ini, tetapi untuk kepastiannya baru akan keluar setelah rapat dengan berbagai pihak terkait.


"Kami lihat lah nanti, kita tidak mau asal jadi saja nanti begitu memulai malah pelayanannya amburadul," paparnya.


Dia menambahkan hingga saat ini yang intens melakukan penjajakan pada tiga bulan belakangan adalah Garuda Indonesia, Air Asia dan Citilink.


Adapun pemindahan bandara dilakukan pemerintah yang bertuujuan untuk mengurangi beban Bandara Soekarno Hatta. Sebelumnya disebutkan ada 9 maskapai yang berminat untuk memindahkan penerbangan mereka ke Halim. (adi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya