Banjir, Saatnya Periksa Polis Asuransi Kendaraan

Mobil Terendam Banjir di Pluit
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis
VIVAnews
Selain Perpanjangan Kontrak, Erick Thohir Ungkap Perbincangan dengan Shin Tae-yong di Qatar
- Hujan yang mengguyur beberapa kota di Indonesia, termasuk Jakarta dan sekitarnya, membuat sejumlah kawasan banjir dan tergenang. Aktivitas masyarakat pun sempat lumpuh.

Dituding Jadi Selingkuhan Rizky Nazar, Ini Jawaban Salshabilla Adriani

Sebagian menunda kegiatan, karena banjir yang mulai menggenang. Transportasi yang terhambat, ikut menjadi salah satu faktor yang banyak dikeluhkan masyarakat.
Prabowo Makin 'Gemoy' Kuasai Parlemen Jika PKB dan Nasdem Gabung Koalisi


Bagi pemilik mobil, sebagian di antaranya sudah memiliki asuransi kendaraan. Upaya ini dilakukan sebagai langkah antisipasi terjadinya risiko yang tidak diinginkan, seperti terkena banjir.


Namun, seperti dikutip dari situs
Asuransi Astra
, pemilik kendaraan jangan sampai tidak memahami apa yang sebenarnya diberikan perusahaan asuransi. Karena, ketika mengalami masalah di jalan, apalagi di musim hujan saat ini, pemahaman ini sangat penting sebagai bekal melakukan klaim ke perusahaan asuransi.


Untuk itu, tidak ada salahnya mencermati beberapa tips berikut ini:


Pertama
, baca isi PSAKBI (Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia) dengan seksama. PSAKBI ini didapatkan bersamaan dengan polis. Untuk lebih memudahkan pemahanam mengenai maknanya, tanyakan langsung pada
call center
perusahaan asuransi.


Kedua
, pastikan jenis pertanggungan asuransi mobil. Apakah
Total Loss Only
atau
Comprehensive
. Pilih secara bijak sesuai kebutuhan.


Ketiga
, perhatikan perluasan apa saja yang dijamin oleh perusahaan asuransi. Apakah kerugian akibat banjir, topan, badai, tanah longsor, gempa bumi, dan kerugian akibat kerusuhan dan huru-hara, tanggung jawab hukum pihak ke-3, atau lainnya sudah tercover oleh asuransi. Perluasan jaminan ini bisa ditanyakan dan diminta ke petugas asuransi saat membeli polis.


Keempat
, catat nomor telepon penting, termasuk nomor telepon provider asuransi. Upaya ini berguna untuk mendapatkan bantuan cepat dalam kondisi darurat di jalan raya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya