Bisnis Hotel di Yogya Terimbas Bencana Banjir

Sumber :
  • Antara/ Noveradika
VIVAnews - Bencana banjir yang terjadi di berbagai daerah di Indonesia tidak saja berdampak merugikan bagi kawasan yang dilanda banjir. Namun, juga berdampak pada daerah lain seperti Yogyakarta.
Prof Raymond Tjandrawinata Raih Top 3 Peneliti Bidang Farmasi di Indonesia

Menurut Sekretaris Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia DIY, Deddy Pranowo Eryono, Rabu 22 Januari 2014, dampak yang sangat dirasakan akibat banjir di daerah lain bagi Yogya adalah menurunnya kunjungan wisatawan ke kota Gudeg ini.
Biasanya Kalem, Ternyata Beby Tsabina Bisa Juga Jadi Anak Motor

Ia mengatakan, banyak wisatawan yang akan berkunjung ke Yogyakarta dan telah melakukan reservasi hotel, khususnya untuk libur tahun baru China atau Imlek memilih membatalkan niat.
Hari Buku Sedunia, Starbucks Indonesia Serahkan 8.769 Buku untuk Anak-anak

"Wisatawan yang sudah reservasi di sejumlah hotel di Yogyakarta membatalkan, karena bencana banjir yang melanda daerahnya seperti wisatawan dari DKI dan Jawa Barat," ujarnya.

Menurut Deddy, jumlah penurunan wisatawan lokal yang berkunjung ke Yogyakarta diperkirakan mencapai 5-10 persen dari target sebelumnya.

"Wisatawan lokal yang masih berkunjung ke Yogyakarta itu berasal dari Jawa Timur atau luar Jawa yang daerahnya tidak dilanda bencana banjir," ujarnya.

Sementara itu, untuk wisatawan mancanegara, Deddy melanjutkan, yang akan berkunjung ke Yogyakarta, sejauh ini belum ada pembatalan karena mereka masih aman untuk berkunjung. "Wisatawan dari Eropa, Malaysia, Australia, China, dan Jepang, belum ada yang menunda kunjungan ke Yogyakarta," tuturnya.

Edy Prabowo, pemilik Garuda Tour and Travel, yang khusus melayani kunjungan wisatawan dari Jepang ke Yogyakarta mengatakan, bencana alam yang terjadi saat ini di Indonesia belum berpengaruh besar. Meskipun, sebelumnya mereka lebih memilih berkunjung ke Pulau Bali.

"Setiap hari, kami masih melayani city tour wisatawan dari Jepang ke berbagai lokasi wisata di Yogyakarta," ujarnya di tempat terpisah. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya