Dermaga Pertamina EP Tertabrak Kapal

Kapal MT. Gunung Geulis punya Pertamina
Sumber :
  • Antara/ Idhad Zakaria
VIVAnews
TikTok Laporkan Sudah Take Down 10,8 Juta Hoaks terkait Pemilu 2024, Menurut Menkominfo
- Dermaga Pertamina Buatan, Kecamatan Koto Gasib, Kabupaten Siak, tertabrak Kapal Intan Daya 9 Batam pada Senin, 3 Februari 2014. Akibatnya, dermaga dan sejumlah infrastruktur rusak.

Penampakan Amy BJ WNA Korea, Penuhi Panggilan Polisi Soal Tisya Erni

"Dermaga Pertamina Buatan mengalami kerusakan setelah tertabrak oleh Kapal Intan Daya 9 Batam  yang bermuatan peti kemas pada Senin 3 Februari 2014 sekitar pukul 16.09 WIB," kata Pjs. PR Manager Pertamina, Arya Dwi Paramita, dalam keterangannya pada Rabu, 5 Februari 2014.
Enji Baskoro Siap Hadiri Pernikahan Ayu Ting Ting dan Sang Lettu, Asal Mau Lakukan Syarat Ini


Arya mengatakan, akibat peristiwa tersebut, dermaga dan sejumlah infrastruktur mengalami kerusakan pada
dolphin
dermaga, kedudukan
crane hose
patah, rumah jaga kerangan condong, oil boom putus, lampu rotary barat roboh dan kabel terputus, serta
line steam
3” dan
line loading
18” bergeser. 


"Setelah kejadian Kapal Intan Daya 9 Batam tidak berhenti dan langsung melanjutkan perjalanan ke arah Pekanbaru," kata dia.

 

Saat peristiwa terjadi, dermaga Pertamina Buatan sedang dalam keadaan kosong. Tidak ada korban jiwa akibat insiden tersebut. Namun, proses pengiriman minyak mentah dari lapangan Lirik ke  Kilang Sei Pakning menjadi terhambat.


"Pertamina EP melakukan koordinasi dengan pihak Syahbandar Pelabuhan dan rencananya pada hari ini akan dilakukan pertemuan dengan pemilik kapal," kata dia.

 

Dermaga  tersebut juga digunakan untuk pengumpulan minyak mentah dari beberapa perusahaan yang bekerja sama dengan PT Pertamina, yakni PT Pertamina EP Lirik, PT Medco dari Lirik, PT Tonga Medan dan PT SPE dari Rohul.


"Pertamina EP Asset 1 Field Lirik  terus melakukan upaya percepatan perbaikan Dermaga Pertamina. Upaya ini dilakukan untuk meminimalisir dampak kendala kegiatan pengiriman minyak mentah yang selama ini dilakukan melalui dermaga tersebut," kata Arya.

 

Selain itu, Pertamina EP juga telah melakukan upaya pengamanan dengan memasang slickbar (pelampung) penghalang minyak, mengantisipasi jika terjadi kebocoran akibat peristiwa tersebut.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya