Siapa Pengganti Gita Wirjawan, Ini Jawaban Istana

Gita Wirjawan.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews
Health Minister Ensures Hospitals Ready to Handle Dengue Patients
- Sudah hampir dua pekan posisi Gita Wirjawan “digantung” oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Hingga saat ini, peserta konvensi capres Demokrat itu masih menjabat sebagai Menteri Perdagangan Republik Indonesia.
Respons Nagita Slavina Saat Tyas Mirasih Ingin Jual Tas demi Biaya Pengobatan

Gita sendiri mengaku pengunduran dirinya pada akhir Januari lalu telah direstui. Namun, hingga saat ini keputusan presiden mengenai pengangkatan Gita sebagai Menteri Perdagangan di Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II belum juga dicabut. Penggantinya pun belum diumumkan.
Kubu Anies dan Ganjar Ingin Hadirkan Menteri jadi Saksi di MK, Airlangga Hartarto Beri Jawaban


Sebelumnya, banyak kalangan berpendapat calon terkuat pengganti Gita adalah wakilnya di Kementerian Perdagangan, Bayu Krisnamurthi. Namun belakangan, muncul satu sosok lainnya yang digadang-gadang menjadi pengganti Gita.


Adalah Muhammad Lutfi, mantan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Ia dinilai memiliki segudang pengalaman dan jaringan kuat di dunia internasional. Pria kelahiran 45 tahun lalu itu juga pernah menjabat sebagai Duta Besar Indonesia di Jepang.


Menanggapi isu tersebut, Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi, Firmanzah mengaku tidak mau berspekulasi. Senin, 10 Februari 2014 pada
VIVAnews
ia menyebut, menemukan pengganti Gita tidak mudah. Banyak pekerjaan rumah yang harus dikerjakan.


Selain tindak lanjut dari Rancangan Undang-Undang Perdagangan yang akan segera diimplementasikan, kinerja ekspor ke depannya juga harus ditingkatkan. Sehingga, tekanan terhadap defisit perdagangan dapat diredam.


Beberapa poin yang menurutnya harus digarap ekstra: meningkatkan kinerja ekspor, berkoordinasi dengan kementerian lain, dan melanjutkan rencana-rencana strategis yang telah disusun.


“Karena itu perlu kapasitas yang pas untuk menjadi penggantinya di sisa kabinet ini. Ditunggu saja, pada saatnya akan disampaikan secara official pengganti Pak Gita,” ia menambahkan. Pada
VIVAnews
ia berjanji  segera memberi penjelasan alasan presiden, setelah diumumkan pengganti Gita. (adi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya