Anggota DPR: Mahendra Siregar dan Bayu Krisnamurthi Cocok Jadi Mendag

Gita Wirjawan Mundur Sebagai Menteri Perdagangan
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews
Bikin 2 Gol ke Gawang Korsel, Begini Kata Rafael Struick
- Anggota Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat, Hendrawan Supratikno, mengusulkan agar Presiden Susilo Bambang Yudhoyono segera menunjuk pengganti Gita Wirjawan sebagai Menteri Perdagangan.

Anies Buka Peluang Maju Pilgub Jakarta: Saya Baru Satu Periode

Politisi PDI Perjuangan itu, Selasa 11 Februari 2014, menyarankan agar Presiden SBY  mengangkat pengganti Gita dari kalangan internal Kementerian Perdagangan.
Mengenali Tanda-Tanda Tantrum Tidak Normal pada Anak, Orang Tua Harus Merespons dengan Cermat


"Waktu kerjanya tinggal sebentar, bisa saja diangkat orang dalam. Kalau orang baru, nanti harus belajar lagi. Bisa dirjen atau wakilnya, kan bisa rotasi terbatas," kata Hendrawan di Gedung DPR, Jakarta.


Selain dari internal kementerian, Hendrawan mengusulkan agar menteri perdagangan nantinya bisa diambil dari pejabat Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).


"Kalau rutenya BKPM, maka Mahendra Siregar yang kuat. Tetapi, kalau perdagangan yang dianggap sebagai kunci, Bayu Krisnamurthi adalah figur yang cocok," ungkap dia.


Hendrawan menduga, lamanya penunjukan pengganti Gita, karena terkait politik. Untuk itu, mustahil Presiden mengambil calon dari eksternal.


"Rupa-rupanya, jabatan Mendag politis ya, karena melibatkan berbagai perjanjian modern, diplomasi internasional. Dulu, siapa pun Mendag harus persetujuan Washington. Itu dulu,
nggak
tahu sekarang," ujarnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya