Wamenhub: Merpati Sebaiknya Jadi Pesawat Sewaan

Pesawat Merpati
Sumber :
  • merpatikualalumpur.wordpress.com

VIVAnews - Wakil Menteri Perhubungan, Bambang Susantono, Rabu 26 Februari 2014, menyatakan bahwa PT Merpati Nusantara Airlines tidak akan pernah bisa menjadi maskapai penerbangan komersial yang baik selama pelayanan yang diberikan tidak bisa berkelanjutan.

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya

Bahkan, menurut dia, jika memang tidak bisa dipertahankan pelayanannya, jalan terbaik bagi Merpati adalah menjadi maskapai sewaana.

"Barangkali itu lebih baik jadi penerbangan charter," ujar Bambang di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta.

Mengenai permohonan Merpati untuk memfasilitasi layanan penerbangan haji dan umrah pun belum tentu disetujui. Karena, menurut Bambang, syarat berupa dukungan perencanaan bisnis yang baik harus dipenuhi terlebih dahulu.

"Ya, kami lihat dulu dong. Kan tidak bisa begitu saja, oh ini penerbangan haji disendirikan," kata Bambang.

Oleh karena itu, ia melanjutkan, harus ada jaminan bahwa pelayanan Merpati bisa dilakukan dengan stabil dan berkelanjutan. Jika tidak, keinginan melaksanakan kerja sama operasi itu sulit terwujud.

"Kami lihat dulu business plan-nya, kami lihat nanti ke depannya seperti apa. Karena, kami ingin layanan sustainable, tidak bisa dipisah-pisah bahwa jalur ini sendiri, itu sendiri, manajemennya kan satu perusahaan," kata Bambang.

Sebelumnya, Direktur Utama Merpati, Asep Ekanugraha, Senin 10 Februari 2014, menjelaskan bahwa maskapai penerbangan perintis ini sudah membuat kerja sama untuk memfasilitasi rute penerbangan ke Jeddah bagi jemaah ibadah umroh.

Kerja sama operasi ini dilakukan bersama dengan PT Amagedon yang merupakan perusahaan Arab Saudi. Pesawat yang dioperasikan menggunakan armada Boeing 777 milik maskapai Arab Saudi.

Penerbangan ke Jeddah ini, menurut Asep, bisa menjadi langkah awal pemulihan kesehatan Merpati untuk bangkit dari ancaman kebangkrutan. Namun, kerja sama ini masih menunggu persetujuan dari Kementerian Perhubungan. Selengkapnya, baca . (art)

Mobil Listrik Vinfast Pakai Sistem Sewa Baterai, Segini Biayanya
Aksi panggung Reza Artamevia dalam Soul Intimate Concert 2.0

Ajak Bernostalgia, Dewa 19 hingga Reza Artamevia Guncang Panggung Soul Intimate Concert 2.0

Dewa 19, Reza Artamevia dan Maliq & D'Essentials hibur penonton dengan deretan hits ngetop di panggung Soul Intimate Concert 2.0.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024