Defisit Transaksi Berjalan Bisa Lebih Tinggi, Apa Tanggapan BI

Teller menghitung uang dolar AS.
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Lembaga pemeringkat internasional, Fitch Ratings, memproyeksikan defisit transaksi berjalan Indonesia pada tahun ini hanya mampu ditekan hingga 3,1 persen.

BUMI Resources Cetak Laba Bersih US$117,4 Juta di Tahun 2023

Angka tersebut di atas proyeksi pemerintah yang menargetkan di bawah 2,5 persen terhadap produk domestik bruto (PDB).

Menanggapi perkiraan tersebut, Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo, di Jakarta, Kamis 13 Maret 2014, mengatakan, semua pihak berhak memiliki pandangan itu.

Agus tetap optimistis, dengan didukung oleh fundamental ekonomi Indonesia yang membaik saat ini, target tersebut tetap akan tercapai. "Dan, ini didukung reformasi struktural oleh pemerintah dan BI," ujarnya.

Menurut Agus, proyeksi pesimistis Fitch tersebut menunjukkan masalah transaksi berjalan seharusnya menjadi permasalahan semua pihak. Untuk itu, solusi yang digunakan merupakan terbaik bagi semua pihak.

"Ini komitmen semua pihak untuk memperbaiki kinerja ke depan," tambahnya.

Dalam kesempatan berbeda, Wakil Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro, mengungkapkan hal senada. Pemerintah berkomitmen menekan defisit itu minimal di bawah 3 persen dari PDB.

"Semua orang punya pendapat, kan boleh-boleh saja. Kami tetap upayakan defisit transaksi berjalan di bawah 3 persen. Kalau pertumbuhan, ya selalu dalam kisaran 5,7-6 persen," tambahnya. (art)

Persib Bandung vs Bhayangkara FC

1 Poin dari Markas Persib Cukup Membuat Bhayangkara FC Bersyukur

Persib Bandung berbagi poin dengan Bhayangkara FC dalam laga lanjutan Liga 1 2023/2024. Duel digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Kamis 28 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024