Rakuten Bantu Pelaku UMKM Pasarkan Produk Lewat e-Commerce

Gerabah tempel khas Yogyakarta.
Sumber :
VIVAnews
Megawati Bersedia Bertemu Prabowo tapi Ada Syarat-syaratnya, Kata Elite PDIP
- Banyak pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang mampu menghasilkan produk berkualitas dan siap bersaing di pasar global. Namun, sayangnya, hingga saat ini, pelaku UMKM masih terkendala dalam menjual produknya melalui internet, dan lebih banyak dengan sistem perdagangan konvensional.

Begini Kronologi Rezky Aditya Bergaya di Depan Media Korea Selatan

Rakuten Belanja Online (RBO), sebagai perusahaan web belanja terbesar di Jepang, yang kini telah memberikan layanan di Indonesia, mencoba menawarkan kesempatan bagi pelaku UMKM di Yogyakarta dan Jawa Tengah. Pelaku UMKM nantinya dapat mengembangkan bisnis dan memperoleh keuntungan melalui perdagangan elektronik atau kerap diistilahkan
DJKI - Tokopedia Bantu Kembangkan Usaha Produk Indikasi Geografis
e-commerce di pasar global.


"Di Yogyakarta dan Jawa Tengah ini gudangnya pelaku UMKM. Kami berusaha memberdayakan UMKM dengan membantu mereka mengembangkan bisnis dengan memasarkan produk mereka ke pasar global," ujar Presiden Direktur Rakuten Belanja Online, Ryota Inaba, di Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat 14 Maret 2014.


Menurut dia, platform
e-commerce
RBO memberikan cara sederhana dan mudah bagi UKM serta UMKM di Jateng maupun Yogyakarta, untuk menawarkan produk-produk unik mereka kepada konsumen di luar provinsi maupun luar negeri.


"Kami terus meningkatkan platform
e-commerce
dalam 16 tahun terakhir dan bekerja sama dengan lebih banyak UKM di Jateng dan Yogyakarta. Karena, kami akan membantu untuk membawa produk unik mereka ke pasar global,"

kata Inaba.


Platform
e-commerce
RBO, ia melanjutkan, memudahkan pelaku UMKM dan UKM untuk mengambil langkah awal ke
e-commerce
serta mulai mengelola toko online mereka. Selain itu, RBO memiliki tim khusus konsultan untuk membantu para
merchant
mempelajari cara merancang toko mereka sendiri, memasarkan produk mereka, membangun basis konsumen, dan meningkatkan penjualan.


Kunjungan RBO, ia menambahkan, tidak hanya ke Jateng dan Yogyakarta. Sebelum ke Yogyakarta, RBO juga merangkul UKM dan UMKM dengan seminar di Surabaya, Medan, dan Bandung. Tujuannya untuk membantu pebisnis mengembangkan basis pelanggan mereka dan terlibat dengan konsumen mereka di luar provinsi.


"Seminar serupa nantinya juga akan kami adakan di kota-kota lain di Indonesia," kata Inaba.


Sugiantoro, salah satu pelaku UMKM di Yogyakarta, mengapresiasi bantuan RBO untuk pengembangan bisnisnya. "Dengan berjualan melalui online, kami bisa menentukan harga produk, menawarkan bermacam produk yang akan dijual, dan harga yang lebih menguntungkan, karena tidak melewati perantara," kata dia. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya