Hasil Quick Count Dirjen Pajak

Jutaan Wajib Pajak Belum Serahkan SPT Pajak

VIVAnews - Untuk sementara hasil perhitungan cepat (quick count) jumlah Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) wajib pajak orang pribadi yang telah masuk ke Ditjen Pajak mencapai 4,1 juta SPT.

Jumlah ini mencapai 42 persen dari pemilik nomor pokok wajib pajak (NPWP) per 31 Desember 2008 yang mencapai 8,8 juta NPWP.

Direktur Jenderal Pajak Darmin Nasution mengatakan perhitungan cepat ini dilakukan dengan menghitung selisih berapa nomor cetak penerimaan yang dialokasikan dengan yang tersisa.

"Kami sudah hitung dan hasilnya mencapai 42 persen itu," katanya dalam jumpa pers di Kantor Ditjen Pajak, Senin 13 Arpril 2009. Artinya, jutaan wajib pajak masih belum menyerahkan SPT pajak.

Namun demikian, Darmin mengatakan karena baru berupa hitungan cepat, kemungkinan realisasi penyerahan SPT masih bisa lebih dari 4 juta. "Karena ada beberapa amplop yang diserahkan, itu jumlah SPTnya ada yang lebih dari 3," katanya. Jadi, ada kemungkinan jumlahnya masih akan bertambah.

Namun Darmin mengingatkan jumlah pelapor SPT ini cukup kecil jika dibandingkan pemilik NPWP sampai 31 Maret 2009. Pasalnya sampai 31 Maret 2009, Ditjen Pajak masih terus menerima pendaftaran NPWP baru.

"Jumlahnya jika dibanding pemilik NPWP sampai akhir Maret yang masih terus bergerak, rasionya mencapai 37,2 persenĀ  dari total 11,1 juta NPWP," katanya. Angka ini diperkirakan sudah mencakup 60 persen perhitungan jumlah SPT yang masuk sementara.

Meski menurun dari sisi rasio, katanya, jumlah pelapor SPT tahun ini jauh lebih tinggi jika dibandingkan pelaporan wajib pajak tahun sebelumnya. Pada 2006 rasio pemasukan SPT ke Ditjen Pajak hanya 29,6 persen.

Hidup dengan Kepala Menempel Selama 62 Tahun, Kembar Siam Tertua di Dunia Tutup Usia
Presiden Iran Ebrahim Raisi dan komandan militernya

Iran Punya Aturan Serangan Baru Untuk Negaranya

Presiden Iran memperingatkan bahwa 'langkah sekecil apa pun' yang dilancarkan ke negaranya, maka akan langsung menimbulkan respons yang "keras" dari militernya. 

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024