OJK Jadi Pembicara Utama di IFSB Summit pada Mei

Muliaman Hadad
Sumber :
  • OJK

VIVAnews - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tahun ini resmi mengikuti pertemuan sebagai anggota penuh di The Islamic Financial Services Board (IFSB) Council Meeting di Brunei Darussalam pada Mei mendatang. Sebelumnya, pada tahun lalu, OJK diusulkan sebagai anggota penuh di IFSB.

Suci Winata Istri Ke-4 Ari Sigit Melahirkan Cicit Soeharto

Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman Hadad, mengatakan, sebagai anggota penuh IFSB, OJK tidak hanya ter-update dengan penerapan standar internasional di berbagai negara anggota. Tetapi juga dapat memberikan masukan terhadap aturan-aturan prudential di bidang keuangan syariah yang akan menjadi pedoman di negara-negara anggota IFSB.

Adapun, IFSB adalah organisasi yang menetapkan standar internasional di bidang jasa keuangan syariah yang mendorong terwujud dan meningkatnya tingkat kesehatan serta stabilitas industri jasa keuangan syariah (JKS) dengan mengeluarkan standar kehati-hatian yang bersifat global.

Menurut Muliaman, IFSB juga menentukan prinsip-prinsip panduan untuk JKS yang didefinisikan secara luas mencakup perbankan, pasar modal, dan sektor asuransi.

Selain itu, imbuhnya, IFSB melakukan penelitian dan mengkoordinasikan inisiatif isu-isu industri terkait, serta menyelenggarakan diskusi informal, seminar, dan konferensi untuk regulator serta pemangku kepentingan industri.

"Sebagai anggota baru, OJK telah diminta untuk berbicara di Summit Meeting di Mauritius pada Mei 2014 yang mengambil tema 'New Markets and Frontiers for Islamic Finance: Innovation and the Regulatory Perimeter'," ujar Muliaman seperti dikutip dalam keterangan persnya, Kamis 27 Maret 2014.

IFSB beranggotakan 185 anggota termasuk IMF, World Bank, BIS, IDB, ADB, dan 119 otoritas serta pelaku pasar di industri keuangan yang tersebar di 45 negara. Menurut Muliaman, OJK merupakan salah satu Otoritas Jasa Keuangan bersama FSA Turki dan FSA Dubai, di antara 32 otoritas keuangan anggota IFSB.

Dia memaparkan, The Council Meeting IFSB di Brunei tersebut merupakan pertemuan akbar yang dilangsungkan bersamaan dengan pertemuan tahunan (General Assembly Meeting) yang dihadiri oleh 185 anggota serta seminar internasional keuangan Islam, public lecture, dan evaluasi keanggotaan IFSB.

Muliaman menambahkan, dengan menjadi anggota penuh IFSB, OJK memiliki akses luas untuk memperoleh technical assistance dalam penerapan aturan-aturan prudential internasional, yang tidak hanya di industri perbankan, namun juga di industri pasar modal dan asuransi. (art)

Ilustrasi nyamuk.

Health Minister Conveys How to Handle Arbovirus Disease

Indonesian Health Minister Budi Gunadi Sadikin stated that there are several ways to handle arbovirus diseases, which are transmitted through insect vectors such as mosqu

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024