Makanan Indonesia Unggul di Mata Masyarakat Kanada

Wakil Menteri Perdagangan RI, Bayu Krisnamurthi
Sumber :
  • VIVAnews/Bobby Andalan

VIVAnews - Makanan dan minuman (mamin) Indonesia memiliki keunggulan-keunggulan dibandingkan dengan mamin dari negara lainnya. Sayangnya, produk makanan Indonesia kurang dikenal di luar negeri. Umumnya, mereknya.

Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi, mengatakan bahwa kuliner Indonesia memiliki keunggulan bagi masyarakat Kanada yang telah mengenal Indonesia.

"Kekhasan mild, tidak terlalu asam seperti masakan Thailand dan Korea. Tidak terlalu spicy seperti masakan India dan Asia tengah, serta keunikan tropis lainnya," kata Bayu seperti yang dikutip dalam keterangan tertulisnya, Jumat 4 April 2014.

Dia mengatakan bahwa keberadaan produk mamin Indonesia--penyedap dan bumbu instan serta aneka makanan camilan kering--di Kanada dapat ditemui di pedagang eceran khusus, toko, atau pusat perbelanjaan makanan Asia. Mamin asal Indonesia umumnya tidak dikenal mereknya.

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia

"Namun, bahan makanan asal Indonesia seperti kerupuk dan bawang goreng mengalami peningkatan permintaan dari restoran Thailand, Tiongkok, Malaysia, dan Vietnam," kata dia.

Konsumen mamin dan kuliner Indonesia di Kanada adalah masyarakat Kanada yang pernah tinggal, berkunjung, bertugas, dan bekerja di Indonesia. Termasuk, masyarakat Kanada asal Indonesia, baik asli maupun komunitas keturunan Belanda kelahiran Indonesia yang sudah menjadi warga atau penduduk Kanada, serta masyarakat dan atau penduduk Kanada yang sudah mengenal dan konsumen masakan Asia Timur (Korea dan Jepang), Thailand, Vietnam.

"Peluang meningkatkan ekspor Indonesia melalui pembukaan restoran Indonesia di Kanada sangat terbuka dan dapat memberikan keuntungan dan manfaat strategis untuk investasi, promosi diplomasi budaya Indonesia, dan pariwisata Indonesia," kata mantan wakil menteri pertanian itu.

Pernyataan tersebut dikeluarkan, saat Bayu menghadiri pembukaan pameran mamin Salon International de L'amentation (SIAL) Canada 2014 yang berlangsung pada 2-4 April 2014, di Montreal, Kanada.

"Partisipasi Indonesia dalam pameran SIAL ini adalah bentuk fasilitasi Kemendag bagi para pengusaha Indonesia dalam rangka membuka pasar, memberi pengalaman, serta menaikkan profil industri mamin Indonesia di pasar Internasional. Keikutsertaan  Indonesia dalam pameran mamin dikarenakan Indonesia ingin menjadi mitra dunia dalam hal penyediaan makanan," kata dia.

Sekadar informasi, SlAL Canada merupakan salah satu pameran mamin terbesar di kawasan Amerika Utara dengan jumlah buyers rata-rata 14 ribu orang yang berasal dari 61 negara.

Jokowi Yakin Indonesia Bisa Dapat 61 Persen Saham Freeport Indonesia, Meski Alot Negosiasinya
Duel Vietnam vs Timnas Indonesia

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Harapan pecinta sepakbola melihat Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia kembali muncul. Masih ada berapa tahap lagi untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026?

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024