Resmi Dibuka, Tol Ungaran - Bawen Gratis Seminggu

Pembangunan jalan tol Semarang - Solo di Banyumanik, Semarang
Sumber :
  • Antara/ Prasetyo Utomo

VIVAnews – Pemerintah secara resmi mengumumkan pengoperasian Jalan Tol Semarang – Solo Seksi II (Ungaran – Bawen) pada hari ini, Jumat 4 April 2014. Peresmian ini dilaksanakan di Gerbang Tol Bawen, Semarang.

Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto, dalam siaran persnya, mengungkapkan bahwa sejak resmi dibuka pada hari ini hingga sepekan ke depan merupakan masa sosialisasi pengoperasian jalan tol. Selama sepekan itu, tarif tol dibebaskan dari biaya.

"Selama masa sosialisasi, kendaraan yang melintas di Seksi Ungaran-Bawen tidak dikenakan biaya selama satu minggu," ujar Djoko.

Ia mengaku bahwa salah satu hal yang menjadi kendala untuk penyelesaian tol Semarang - Solo secara keseluruhan adalah kondisi geologi yang dapat dikatakan tidak bersahabat. Sehingga, dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan memerlukan kekhususan.

"Kami berharap, setelah jalan tol ini beroperasi, PT Trans Marga Jateng selalu melakukan monitoring dan evaluasi," kata Djoko.
 
Ruas Semarang-Solo memiliki panjang 72,64 km dan terdiri dari 5 seksi dengan total investasi yang dibutuhkan sebesar Rp6,2 tirliun. Untuk seksi II ini terdiri dari empat paket pekerjaan dan mempunyai panjang 11,95 km.

Dana pembangunan berasal dari ekuitas PT Trans Marga Jateng dan pinjaman dari sindikasi perbankan.

Jasad Wanita Open BO yang Dibunuh Hanyut Dibuang di Kali Bekasi Hingga ke Pulau Pari

Ekuits Trans Marga Jateng berasal dari setoran modal para pemegang saham, yaitu PT Jasa Marga sebesar 60 persen dan PT Sarana Pembangunan Jawa Tengah sebesar 40 persen. Sedangkan pinjaman dari sindikasi perbankan yang terdiri dari Bank Negara Indonesia, Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia, dan Bank Jateng sekitar Rp4,7 triliun.

Jalan tol Semarang – Solo terbagi menjadi lima seksi, yaitu :
1. Seksi I (Semarang – Ungaran) sepanjang 11,00 km telah beroperasi sejak 10 November 2011;
2. Seksi II (Ungaran – Bawen) sepanjang 11,95 km, yang hari mulai beroperasi;
3. Seksi III (Bawen – Salatiga) sepanjang 17,29 km;
4. Seksi IV (Salatiga - Boyolali) sepanjang 24,13 km; dan
5. Seksi V (Boyolali – Solo) sepanjang 8,41 km.

Seksi III, IV dan V akan dimulai pembangunannya setelah pengadaan tanah selesai dilaksanakan. (asp)

Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Butuh 6,7 Juta Ton Beras per Tahun
ilustrasi kelopak mata

Jangan Asal Pilih Lensa Kontak, Bisa Sebabkan 5 Masalah Serius Ini

Pakai lensa kontak dapat memberikan kenyamanan bagi para pengguna seperti lebih ringan dan jarak pandang lebih luas.  Namun pemilihan lensa kontak yang salah bisa iritasi

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024