Perbanas Dukung OJK Awasi Konglomerasi Keuangan

Aviliani, Komisaris BRI
Sumber :
  • Nur Farida Ahniar I VIVAnews
VIVAnews
Basis OPM Paro Nduga Lumpuh Digempur TNI, 2 Anak Buah Egianus Kogoya Tertembak
- Perhimpunan Bank-bank Umum Nasional (Perbanas) mendukung rencana Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang akan melakukan pengawasan secara terintegrasi kepada konglomerasi keuangan di perbankan maupun non bank.

Legeenda Timnas Indonesia dari Piala Dunia hingga Juara SEA Games Rayakan HUT PSSI

Ketua Bidang dan Pengkajian Penelitian Perbanas, Aviliani, Senin 14 April 2014, mengungkapkan, langkah OJK tersebut penting sebagai upaya pencegahan dampak sistemik yang terjadi karena adanya gejolak dalam konglomerasi keuangan.
Tony Blair Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Menang Pilpres: Fantastis!


"Perbanas sangat mendukung adanya pengawasan di konglomerasi, agar tidak terjadi sesuatu yang sistemik," ujar Aviliani di Jakarta.


Meski demikian, ia melanjutkan, harus ada koordinasi dan pembagian tugas yang jelas antara Bank Indonesia (BI) dan OJK mengenai regulasi-regulasi baru yang akan dikeluarkan. Sebab, jangan sampai ada kesimpangsiuran di sektor industri.


"Mengenai sistem pembayaran misalnya, kami juga masih bingung ada di mana kewenangannya," kata Aviliani.


Dalam kesempatan terpisah, Kepala Bidang Pengawasan Perbankan III, Otoritas Jasa Keuangan, Agus Siregar, menyatakan bahwa hingga saat ini lembaganya sudah mendeteksi ada 31 konglomerasi di Indonesia.


"Ada yang induknya non bank, ada yang riil," kata Agus. Menurut Agus, aturan pengawasan itu akan diterbitkan pada kuartal ketiga tahun ini. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya