Bangun Pabrik Garam Farmasi, Kimia Farma Gandeng PT Garam

Garam
Sumber :
  • Athleanx

VIVAnews - Bahan baku obat yang digunakan PT Kimia Farma Tbk nyaris seluruhnya diimpor dari negara lain, salah satunya garam farmasi. Untuk itu, BUMN farmasi itu berniat untuk membuat industri garam farmasi.

Akhirnya Letkol Danu Resmi Jadi Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI Gantikan Raja Aibon Kogila

Kimia Farma pun menggandeng PT Garam untuk turut memproduksi garam farmasi tersebut.

Direktur Utama Kimia Farma, Rusdi Rusman, mengatakan, industri farmasi masih sangat bergantung impor. Bahan baku obatnya pun 95 persen merupakan barang impor. Misalnya, garam farmasi, yang diimpor dari Jerman, Tiongkok, Australia, Selandia Baru, dan India.

"Upaya ini merupakan kemandirian bahan baku obat di Indonesia. Selama ini, kami mengimpor semua, sehingga jadi tonggak kemandirian bahan baku obat, mulai dari garam (farmasi) dan akan dikembangkan terus," kata Rusdi dalam penandatanganan nota kesepahaman Kimia Farma dengan Garam di Kementerian BUMN, Jakarta.

Dia menjelaskan, BUMN tersebut akan membangun pabrik di Jawa Timur yang rencananya mulai berproduksi pada 2015. Kapasitasnya 3.000 ton per tahun dan akan ditingkatkan menjadi 6.000 ton per tahun dengan investasi mencapai Rp28 miliar.

Sementara itu, Direktur Utama PT Garam, Yulian Lintang, mengatakan, upaya ini merupakan awal untuk tidak mengimpor garam dari mana pun. "Mulai babak pertama. Selama ini kami mengimpor 100 persen dari Tiongkok, Thailand, dan Swiss," kata dia.

Pada kesempatan yang sama, Menteri BUMN, Dahlan Iskan, mengatakan, kerja sama ini adalah realisasi rencana yang telah diputuskan beberapa bulan lalu. Pabrik itu akan dibangun di dekat pabrik iodium di sekitar Waduk Dakon, Jawa Timur.

Dahlan menyebut, pembangunan pabrik itu juga bisa menghemat devisa dan mengurangi ketergantungan impor garam. "Produksi 3 ribu ton akan menghemat devisa sekitar US$2,5 juta," kata dia. (art)

Ilustrasi jenis sabu.

Polres Malang Bongkar Home Industry Sabu di Jatim

– Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Malang berhasil membongkar praktik produksi narkotika jenis sabu di wilayah Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024