TUTUP
TUTUP
BISNIS

Pemerintah Akan Hapus Subsidi Rumah Murah

Peraturan ini memang dibuat untuk memaksa pembangunan rumah susun.
Pemerintah Akan Hapus Subsidi Rumah Murah
Contoh rumah murah di Kemenpera, Jakarta. (VIVAnews/Ikhwan Yanuar)

VIVAnews - Subsidi rumah sederhana tapak atau rumah murah tinggal menunggu waktu saja untuk dihapuskan oleh pemerintah. Sebab, pemerintah mengeluarkan Peraturan Menteri Perumahan Rakyat Nomor 3, 4, dan 5 tahun 2014.

Berdasarkan Permenpera tersebut, diputuskan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) tidak akan diberikan lagi kepada rumah tapak setelah 21 Maret 2015.

Deputi bidang Pembiayaan Kemenpera, Sri Hartoyo, Senin 28 April 2014, mengungkapkan bahwa peraturan ini memang dibuat untuk memaksa pembangunan rumah susun (rusun) dan menekan pertumbuhan rumah tapak.

"Kalau sekarang rumah tapak terus dibangun, nanti posisinya akan semakin di pelosok," katanya, saat ditemui dalam acara sosialisasi Permenpera di Jakarta.

Ia mengungkapkan, posisi rumah sederhana tapak saat ini sudah tidak cocok karena terlalu jauh dari tempat kerja masyarakat. Untuk itulah, menurut Sri, pembangunan rusun akan semakin tepat karena tanah yang digunakan akan semakin mendekati daerah kota.

Di samping itu, tambah Sri, jika rumah tapak terus dibiarkan, lahan yang kondisinya terbatas akan semakin membabi buta. Bila lahan sudah habis, yang terancam berikutnya adalah penyediaan perumahan.

Dia mengungkapkan, memang pada awalnya sistem seperti ini harus  dipaksakan. Sebab, cara ini bisa mengurangi penyebaran rumah yang tidak terkendali.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP