Hatta Imbau Buruh Berdemo Damai

Pemerintah Umumkan Kenaikan Harga BBM
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVAnews
Mendag: Kami Siap Meluncurkan Roket Bertenaga Metana Perdana
- Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa, mengimbau buruh tidak anarkis saat menggelar May Day yang jatuh Kamis 1 Mei 2014. Presiden SBY menetapkan 1 Mei sebagai libur nasional.

Ahli Waris 7 Korban Kecelakaan Bus Rosalia Indah Terima Santunan dari Jasa Raharja

Hatta, ditemui di Jakarta, Rabu 30 April 2014, menyarankan Hari Buruh sebaiknya digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat.
Hindari Jalur Puncak, Ada Pemberlakuan Oneway Lebih Lama 2 Kali Sehari dan Titik Gage Ditambah


"Ini kan pertama kalinya Hari Buruh libur, saya mengimbau sebaiknya buruh memanfaatkan hari libur ini bersama keluarga," katanya.


Jika ada demonstrasi pun, menurut Hatta, haruslah demonstrasi damai sehingga menimbulkan rasa aman bagi semua pihak. Hatta juga menyampaikan, sebaiknya buruh memulai tradisi baru di mana Hari Buruh merupakan hari yang damai layaknya yang terjadi di luar negeri.


Sementara itu, Kapolri, Sutarman mengungkapkan, pihaknya sudah siap untuk melakukan pengamanan dan pelayanan.


"Saya sudah siapkan Polri untuk siaga satu untuk pengamanan dan pelayanan, bukan hanya pengamanan.  Polri juga melakukan pengamanan dan pelayanan unjuk rasa," katanya.


Sutarman mengungkapkan, dia sudah berkoordinasi dengan tokoh-tokoh buruh agar melakukan unjuk rasa dengan cara-cara yang damai, sehingga masyarakat tidak terganggu aktivitasnya.


Ia menuturkan, ada sembilan titik rawan yang dijaga oleh Polri. Di antaranya Bundaran HI, Istana Merdeka, Gedung DPR RI, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, dan Tugu Tani.


Polisi juga mengamankan bandara. Dia sudah mengimbau kepada komunitas buruh untuk tidak menutup jalan umum seperti jalan tol dan bandara karena bisa mengganggu masyarakat.


"Dan mereka sepakat. Kalau mengganggu aktivitas masyarakat justru tidak mendapat simpati masyarakat," katanya. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya