Tips Cerdas Memilih Asuransi yang Baik

Ilustrasi asuransi.
Sumber :
  • www.google.com

VIVAnews - Bisnis asuransi di Indonesia beberapa tahun terakhir terus tumbuh signifikan. Di satu sisi, hal ini tentu sangat baik, karena menunjukkan kesadaran masyarakat untuk berasuransi terus meningkat.

Dalam menjalani rutinitas sehari-hari, tanpa disadari kehidupan manusia memang berhadapan dengan beberapa risiko, seperti kesehatan, kematian, kerusakan, atau kehilangan aset.

Berawal dari situlah muncul kesadaran masyarakat untuk memiliki asuransi agar beberapa risiko yang bisa kapan saja terjadi itu dapat ditanggung pihak asuransi. Selain itu, belakangan mulai berkembang asuransi tidak hanya untuk memproteksi, tetapi juga digunakan sebagai salah satu investasi.

Seiring dengan menjamurnya asuransi di dalam negeri, banyak agen-agen asuransi yang menawarkan untuk masuk ke asuransi. Namun, masyarakat perlu hati-hati terhadap tawaran-tawaran yang menggiurkan dari agen asuransi tersebut.

Jangan sampai premi yang sudah dibayarkan setiap bulan, ternyata tidak bisa meng-cover saat terjadi risiko, ujungnya malah merugi dan merasa tertipu.

Lalu, bagaimana memilih asuransi yang baik dan aman? Dikutip VIVAnews dari situs Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Rabu 7 Mei 2014, berikut adalah beberapa tips cerdas memilih asuransi yang baik.

Pertama, pilihlah produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan, bukan tertarik dengan promo dan hadiah yang ditawarkan atau karena terpaksa. Jika perlu, lakukan konsultasi dengan pihak-pihak yang menurut Anda memahami hal ini.

Kemudian, pastikan agen asuransi yang membantu mengurus pembelian produk asuransi adalah agen yang profesional, yang memiliki sertifikat keagenan, dan mampu membantu menjelaskan secara detail serta mengurus keperluan asuransi Anda suatu hari.

Anda juga wajib mengenal lebih banyak kapasitas perusahaan asuransi yang akan dipilih, terutama yang terkait dengan pelayanan klaim. Informasi terkait hal itu, bisa Anda lakukan melalui studi internet atau dari informasi dari kerabat dan teman.

Berbekal persiapan tersebut, mantapkan diri Anda untuk memilih produk dan perusahaan asuransi yang sesuai dengan kebutuhan.

Biaya Ultah Cucu SYL Minta Di-reimburse Kementan, Pegawai Menolak Terancam Dimutasi

Setelah memilih, pastikan mengisi data di SPPA (Surat Permintaan/Permohonan Pertanggungan Asuransi) atau SPAJ (Surat Permintaan Asuransi Jiwa) dengan lengkap, jujur, jelas, dan tidak menandatanganinya dalam kondisi kosong atau tidak lengkap.

Anda juga perlu menanyakan secara rinci mengenai manfaat yang diberikan, kondisi yang dipersyaratkan, dan pengecualian jaminannya. Sebab, biasanya hal ini sering menjadi alasan penolakan oleh pihak perusahaan perasuransian.

Lalu, pastikan Anda mengetahui periode yang diperkenankan dalam pembayaran premi, jangan sampai terjadi keterlambatan (outstanding) pada saat terjadinya kerugian yang dapat mengakibatkan klaim tidak dibayar. Biasanya diperkenankan 14 hari setelah tanggal jaminan yang tercantum dalam polis.

Terakhir, jika polis sudah diterima, baca dengan teliti polis beserta semua lampiran yang sudah diterima. Bila tidak sesuai dengan yang disampaikan oleh agen, maka polis dapat dibatalkan atau dilakukan perubahan.

Tips memilih perusahaan asuransi

Masih mengutip dari laman OJK, VIVAnews mencoba memberikan panduan untuk menjawab kebingungan bagaimana memantapkan hati memilih perusahaan asuransi yang baik. Maklum saja, belakangan ini, menjamur beberapa perusahaan asuransi baik dimiliki oleh pemerintah, pihak swasta, ataupun multinasional.

Berikut adalah tips memilih perusahaan asuransi yang baik. Pertama, pastikan perusahaan asuransi yang akan dipilih telah terdaftar di OJK dan asosiasi terkait. Hal tersebut, dapat dilihat melalui website OJK dan asosiasi atau ditanyakan langsung ke layanan konsumen OJK.

Anda juga perlu memperhatikan bagaimana kekuatan keuangan perusahaan asuransi yang akan dipilih. Secara sederhana dapat dilihat melalui besaran risk base capital yakni minimal 120 persen, kondisi aset dan kewajibannya yang dapat diketahui lewat laporan neraca keuangan yang dipublikasikan di media.

Pada neraca keuangan tersebut, Anda bisa melihat berapa keuntungan yang diraup perusahaan asuransi itu setiap tahunnya.

Kemudian, Anda harus memastikan perusahaan asuransi itu memiliki underwriter yang berpengalaman dan ahli. Informasi ini dapat Anda ketahui dengan melihat profil perusahaan asuransi yang bersangkutan.

Regulasi mensyaratkan perusahaan asuransi memiliki tenaga ahli di kantor pusat, ajun ahli di seluruh kantor cabang, dan juga tenaga aktuaris.

Terakhir, perhatikan gambaran tentang kualitas jasa yang telah diberikan oleh perusahaan, seperti berapa lama proses penerbitan polis, pelayanan atau servis tambahan yang diberikan, kualitas rekanan yang ditunjuk (seperti rumah sakit, bengkel rekanan, dan lainnya). (art)

Jaksa Sebut SYL Bayar Tagihan Kartu Kredit Ratusan Juta Pakai Uang Hasil Korupsi di Kementan
VIVA Otomotif: Motor listrik hasil konversi

Usai Sepi Peminat, Pemerintah Kasih Gratis Konversi Motor Listrik

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) resmi memberikan konversi motor listrik secara cuma-cuma atau gratis untuk masyarakat. Bagaimana cara ikut programnya?

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024