Ini Deretan Rumah Mewah Termahal di Dunia

Ilustrasi rumah mewah.
Sumber :
  • Forbes
VIVAnews
Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di GT Halim Ternyata Masih Anak-anak, Bos Akan Diperiksa
- Sepanjang krisis global dan masa pemulihan, sebagian besar miliarder dunia menempatkan uang mereka ke investasi yang tergolong aman (safe haven). Salah satunya properti.
Zulhas Enggan Revisi Aturan Barang Bawaan dari Luar Negeri: Bayar Pajak Dong!

Dikutip dari laman
Biadab! Israel Eksekusi Anak Palestina Beramai-ramai dari Usia 4-16 Tahun
Forbes , Rabu 14 Mei 2014, mereka seperti berlomba-lomba membuat rumah super mewah, baik sekadar untuk investasi atau untuk ditinggali sendiri.

"Setelah bertahun-tahun lamanya, investasi properti akhirnya booming di seluruh dunia, investasi jangka panjang properti menempati urutan pertama dibandingkan saham dan obligasi," demikian seperti dikutip dalam sebuah laporan Global Prime Sector yang diterbitkan oleh Deutsche Asset & Wealth Management dengan penelitian oleh Savills.

Permintaan properti selalu ada dan ini mendorong harganya merangkak naik. Tahun lalu, Forbes menyisir beberapa rumah mewah termahal yang dimiliki para miliarder dunia. Hasilnya, hanya ada beberapa miliarder yang memiliki rumah mewah dengan harga US$100 juta.

Tahun ini, Forbes kembali menyisir rumah mewah yang dimiliki para miliarder dunia. Hasilnya, cukup berbeda jauh, yakni hanya ada enam dari 20 miliarder yang memiliki rumah mewah dengan harga di bawah US$100 juta.

Berikut adalah deretan rumah mewah termahal di dunia yang dimiliki oleh para miliarder.

1. Antilia, Mumbai, India



Rumah ini dimiliki oleh Mukesh Ambani, miliarder dengan jumlah kekayaan mencapai US$23,9 miliar. Harga rumah ini lebih dari US$1 miliar.


Rumah megah ini dibangun di atas lahan seluas 400.000 square kaki dan memiliki 27 lantai. Rumah bak gedung pencakar langit ini memiliki enam lantai yang digunakan untuk tempat parkir bawah tanah, tiga tempat parkir helikopter, dan satu lantai untuk ruang kesehatan.


Ambani diketahui memiliki 600 pembantu untuk merawat rumah yang menghabiskan total biaya pembangunan mencapai US$1 miliar.


2. Villa Leopolda, Villefranche-sur-mer, Perancis




Rumah ini dimiliki oleh Lily Safra, miliarder dengan jumlah kekayaan mencapai US$1,3 miliar. Harga rumah ini dibeli dengan harga US$750 juta atau 500 juta euro pada 2008.


Raja Leopold II dikabarkan membangun serangkaian rumah mewah, salah satunya adalah rumah ini. Rumah seluas 20 hektare ini sebelumnya akan dibeli oleh miliarder asal Rusia, Mikhail Prokhorov dan telah memberikan deposit 50 juta euro. Tetapi, kandas karena adanya krisis ekonomi global. Rumah megah itu akhirnya dibeli oleh Safra.


3. Fair Field, Sagaponack, New York




Rumah ini dimiliki oleh Ira Rennert, miliarder dengan jumlah kekayaan mencapai US$6 miliar. Harga rumah ini sekitar US$248,5 juta.


Rumah mewah yang terletak di tepi pantai itu menjadi istana bagi pemiliknya. Rumah megah itu memiliki 29 kamar tidur, 39 kamar mandi, tiga kolam renang, ditambah pembangkit listrik sendiri.


4. One Hyde Park, London



Rumah ini tidak diketahui secara pasti siapa pemiliknya. Harga jual rumah ini pada Mei 2014 senilai US$237 juta.


Penthouse terbaru ini dikabarkan telah dijual oleh miliarder dari Eropa Timur seharga US$237 juta, memecahkan rekor sebelumnya untuk apartemen termahal di dunia.


Sebelum penjualan ini, penthouse lain di Knightsbridge memegang rekor penjualan termahal seharga US$221 juta pada 2011.


5. Kensington Palace Gardens, London



Rumah ini dimiliki oleh Laksmi Mittal, miliarder dengan jumlah kekayaan mencapai US$16,6 miliar. Harga pembelian rumah ini sebesar US$222 juta pada 2008.


Pebisnis baja ini memiliki tiga rumah dalam sebuah kompleks yang dikenal dengan sebutan Billioners Row, kompleks perumahan tersebut dekat dengan kedutaan Israel. Mittal dikabarkan membeli satu rumah lagi di kompleks dengan sistem keamanan sangat modern itu.


6. One Hyde Park, London




Rumah ini dimiliki oleh Rinat Ahkmetov, miliarder dengan jumlah kekayaan mencapai US$11,8 miliar. Harga rumah jual rumah ini pada 2011 lalu sebesar US$221 juta.


Apartemen ini pernah memegang apartemen paling mewah di dunia pada 2011. Apartemen ini terletak di Knightsbridge yang dibeli oleh salah satu orang terkaya dari Ukraina.


Apartemen seluas 25.000 square feet itu dilengkapi dengan kaca anti peluru serta layanan sekelas hotel bintang bintang 5 selama 24 nonstop.


7. Ellison Estate, Woodside, California




Rumah ini dimiliki oleh Larry Ellison, miliarder dengan jumlah kekayaan mencapai US$51,4 miliar. Pembangunan rumah ini diperkirakan menghabiskan dana hingga US$200 juta.


Pendiri Oracle ini bisa dibilang kolektor samurai paling rajin di dunia real estate. Dia mendesain rumah yang dibangun di atas lahan seluas 23 hektare dengan nuansa Jepang pada 2004.


Dia membangun 10 bangunan utama, danau buatan, kamar mandi, dan kolam ikan koi. Nilai istana yang dibangunnya diperkirakan bernilai hingga US$73,2 juta pada 2013.


8. Kensington Palace Gardens, London, Inggris




Rumah ini dimiliki oleh Roman Abramovich, miliarder dengan jumlah kekayaan mencapai US$9,4 miliar. Rumah ini dibeli pada 2011 dengan harga 90 juta euro atau US$140 juta.


Miliarder asal Rusia itu diketahui memiliki beberapa rumah mewah di London, salah satunya yakni satu istana di kawasan Row Billioners di Kensington Palace Gardens.


Setelah menyelesaikan pembelian rumah mewah itu pada 2011, Abramovich diketahui mengajukan renovasi rumah berupa penambahan beberapa fasilitas seperti lapangan tenis, pusat pelayanan kesehatan, dan sebuah museum kepada pemerintah London.


9. Blossom Estate, Palm Beach, Florida




Rumah ini dimiliki oleh Ken Griffin, miliarder dengan jumlah kekayaan mencapai US$5,2 miliar. Harga pembelian rumah mewah ini pada Desember 2012 mencapai US$130 juta.


Miliarder yang bekerja sebagai
hedge fund
ini membeli empat rumah di dekat pantai Florida seluas 8 hektare. Tiga dari empat rumah itu kemudian dirobohkan dan dibangun menjadi satu rumah mewah.


10. Xanadu 2.0, Seattle,Washington




Rumah ini dimiliki oleh Bill Gates, miliarder dengan jumlah kekayaan mencapai US$77,5 miliar. Nilai rumah mewah ini ditaksir mencapai US$120,5 juta menurut ketetapan pajak.


Pendiri Microsoft ini mendesain rumah mewah yang dilengkapi dengan berbagai teknologi tinggi. Rumah itu terletak di dalam kompleks Lake Washington. Rumah mewah ini memiliki kolam renang dengan sistem musik bawah air, pusat kebugaran, dan perpustakaan dalam ruang kaca berbentuk kubah. (ren)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya