Jangan Ragu Tawar-menawar Jika Belanja Produk Ini

Ilustrasi pajak
Sumber :

VIVAnews - Beruntunglah mereka yang gemar melakukan tawar-menawar. Tidak ada tawar-menawar berpotensi membuat uang keluar lebih banyak.

Industri Facility Manajemen Indonesia di Atas Vietnam dan Kamboja

Orang Indonesia biasanya akrab dengan kegiatan tawar-menawar. Bahkan, konon katanya, ini merupakan salah satu budaya masyarakat Indonesia.

Meski mungkin bukan termasuk orang yang terlalu ambisius meminta harga turun, setidaknya ada beberapa hal yang bisa meminta penawaran sebelum terjadinya kesepakatan, tentunya dengan mengutamakan kesopanan.

Berikut beberapa tips pembelian atau belanja yang bisa Anda lakukan tawar-menawar dengan baik seperti dikutip dari Finance Daily.

Mobil
Dealer mobil, tak seperti penjual atau pengecer lain pada umumnya, mengharapkan Anda untuk melakukan tawar-menawar. Mereka senang jika Anda membantunya dalam membangun harga. Jadi, ketika datang ke dealer, persiapkan diri Anda untuk tawar-menawar mengenai segala sesuatunya, termasuk nilai garansi.

Pengakuan Pochettino Usai Chelsea Dibantai Arsenal

Di sini memang Anda akan lebih punya kekuatan jika memiliki uang banyak. Tetapi, pembeli dengan uang pas-pasan pun sebenarnya tetap bisa dan harus mampu bernegosiasi.

Rumah
Agen real estate mengharapkan beberapa negosiasi. Tapi, ketika membeli rumah, negosiasi tidak harus melulu tentang harga. Jika penjual tidak bersedia untuk turunkan harga, mintalah ekstra darinya. Misalnya, meminta penjual untuk menanggung biaya lain-lain atau meminta penjual mengurus beberapa perbaikan yang Anda temukan ketika memeriksa kondisi rumah.

Suku bunga KPR
Perusahaan hipotek akan menjelaskan hal ini ketika Anda menanyakannya. Tapi, tidak berarti Anda harus terpaku pada level yang disebutkan itu. Jika kredit Anda baik, tentu dengan memastikannya terlebih dahulu. Untuk yang memiliki uang muka lebih, Anda memiliki banyak pengaruh untuk menegosiasikan tarif yang lebih rendah.

Jika tidak dapat bernegosiasi untuk tingkat bunga yang lebih rendah, Anda mungkin dapat menghemat dengan membayar menggunakan poin. Dalam beberapa kasus, tingkat bunga yang lebih rendah dapat menghemat banyak uang.

Kontrakan
Jika Anda mengontrak dari pemilik untuk pertama kalinya, harga sewa mungkin tidak bisa ditawar. Tapi, jika Anda hendak memperbaharui kontrakan, jangan menerima begitu saja harga sewa yang dipatok saat ini. Perlu diingat bahwa akan menyakitkan bagi perusahaan penyewaan atau pemilik kontrakan jika ada hal yang membuat Anda pindah.

KPU Akan Batasi Maksimal 600 Pemilih Per TPS untuk Pilkada 2024

Karena, perlu persiapan properti lagi dan kemudian memindahkan orang baru untuk masuk. Mereka mungkin akan kehilangan uang untuk mencari penyewa baru. Ini berarti, mereka mungkin akan lebih bersedia untuk menegosiasikan harga daripada yang Anda duga sebelumnya.

Tagihan medis
Perusahaan asuransi biasanya mendapatkan harga khusus dari klinik dokter atau rumah sakit. Namun, harga tersebut tidak secara otomatis berlaku bagi individu yang tidak diasuransikan. Jika tagihan medis tidak akan melalui perusahaan asuransi Anda, sebaiknya bernegosiasi. Sering kali, klinik dokter atau rumah sakit mau turunkan harga, sehingga tagihannya akan mendekati (bahkan jika beruntung bisa kurang) dari apa yang mungkin asuransi Anda bayar.

Mebel
Setiap kali membeli barang-barang besar seperti mebel atau peralatan, Anda mesti negosiasi harganya. Hal ini terutama berlaku jika Anda membeli dalam kuantitas alias borongan. Misalnya, Anda membeli mesin cuci beserta pengering atau seluruh set untuk ruang tamu. Jika penjual tidak mau bernegosiasi dengan Anda, minta saja untuk bertemu atau berbicara dengan atasan atau manajernya. (art)

Auto2000 Bodi & Cat

Membetulkan Bodi Mobil Berstandar Pabrik Cuma Butuh Waktu 8 Jam

Bagi sebagian orang, liburan mudik tahun ini mungkin meninggalkan kesan yang tidak diinginkan, yaitu baret atau penyok pada bodi mobil akibat padatnya lalu lintas jalanan

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024