Pesan Menteri ESDM ke Dua Pasangan Capres-Cawapres

Menteri ESDM Jero Wacik.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Judhi-Humas ESDM
VIVAnews
Pecahkan Rekor Tertinggi, Harga Emas Hari Ini Tembus Rp 1.249.000 Per Gram
- Ada satu hal yang disarankan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jero Wacik, kepada presiden terpilih. Saran itu adalah adanya kementerian yang khusus mengurusi sumber daya energi terbarukan dan konsevasi energi (EBTKE).

Ten Hag Bawa 3 Pemain Man Utd U-18 ke Tim Senior

"Saya baru bertemu Menteri Energi dari India. Di India ada menteri baru, energi terbarukan. Mungkin ini bisa jadi pemikiran baru untuk capres dan cawapres yag baru," kata Wacik dalam acara
Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp100 Juta Jadi Tersangka
The 3rd EBTKE Con-Ex 2014: Time to Deliver Clean Energy for The Nation di Jakarta Convention Center Senayan, Jakarta, Rabu, 4 Juni 2014.


Menteri itu, lanjut dia, bertugas untuk mengurusi permasalahan dan penanganan yang terkait dengan EBTKE.


Menurutnya, keberadaan menteri tersebut dirasa perlu karena kebutuhan energi alternatif dirasa sangat mendesak. Dia menjelaskan, yang menjadi faktor adalah Indonesia tak bisa bergantung lagi kepada energi minyak dan gas bumi.


"Kebutuhan energi rakyat kita tidak pernah turun, malah naik terus. Minyak, gas, dan batu bara memang sekarang masih menjadi andalan. Tapi, ke depan itu akan berkurang. Energi terbarukan lah jawabannya," kata Wacik.


Dia memaparkan, dengan adanya kementerian ini, diharapkan bisa lebih fokus dalam penyediaan EBTKE. Dengan demikian, Indonesia bisa menjadi negara mandiri energi karena negara ini dilimpahi sumber daya alam yang begitu besar.


"Panas bumi ada di bawah tanah kita, dari Sabang sampai Merauke," kata dia. (ms)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya